Semangat Kepemudaan Desa Blanceran

Kegiatan Podcast Desa Blanceran. DOKUMEN PRIBADI

Pemuda tidak lepas dari roda pembangunan di Indonesia. Saat ini, pemuda bisa dikatakan sebagai salah satu komponen dalam pembangunan di Indonesia. Tanpa adanya pemuda, negara ini tidak akan bisa berkembang seperti sekarang ini.

Motor penggerak dan aset berharga bangsa yang akan menuntun negara ini menjadi terdepan kelak. Pada masa perjuangan bangsa Indonesia, pemuda sangat berpengaruh dalam tercapainya kemerdekaan.

Para pemuda dahulu memiliki semangat juang yang sangat luar biasa demi merdekanya bangsa ini. Penjajahan yang berkepanjangan selama 350 tahun oleh Belanda membuat pemuda mengumpulkan energi dan strategi untuk menghentikannya.

Pemuda Indonesia zaman dahulu memiliki keinginan yang kuat untuk melepaskan belenggu penjajahan. Banyak pemuda yang rela menempuh pendidikan tinggi, berjuang di jalanan, hingga berpolitik di lingkungan hanya untuk menggabungkan visi seluruh masyarakat Indonesia yaitu kemerdekaan.

Perjuangan tersebut patut dicontoh untuk pemuda masa kini. Kemerdekaan bangsa sudah diraih, maka wajib hukumnya para pemuda masa kini meneruskannya. Perjuangan masa kini bukan siap di medan perang kapan saja. Tetapi, untuk mempertahankan kemerdekaan yang sudah diraih oleh pemuda zaman dahulu.

Mempertahankan kemerdekaan bangsa bukan hanya sekedar merawat wilayah negara melainkan juga mencerdaskan generasinya muda dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kesejahteraan yang dimaksud seperti berkurangnya kemiskinan, terbukanya lapangan, meningkatnya penghasilan per kapita, dan lain sebagainya.

Kesejahteraan masyarakat di era ini sangat penting. Banyak masyarakat masih menghadapi kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Maka tidak heran jika masyarakat di Indonesia mengalami kurangnya kesejahteraan.

Fenomena Pemuda Kini

Sebagai pemuda masa kini, hal tersebut harus ditanggapi secara serius karena jika dibiarkan maka negara ini akan sulit maju. Adapun beberapa cara pemuda dalam meningkatkan kesejahteraan, yaitu dengan meningkatkan sumber daya manusianya.

Peningkatan sumber daya manusia dengan pelatihan dan kegiatan yang bermanfaat untuk menambah soft skill. Ilmu pengetahuan terasa mahal untuk masyarakat yang hidupnya masih susah di bidang finansial. Maka dari itu pemuda bisa membantu dengan pengadaan pelatihan peningkatan soft skill.

Pemuda masa kini memiliki pemikiran dan ilmu pengetahuan yang lebih jika dibandingkan pemuda masa lampau. Perkembangan teknologi yang sangat cepat membuat pemuda masa kini harus mengikutinya. Jika tidak mengikuti maka akan tertinggal karena kurangnya pembaharuan mengenai teknologi.

Salah satunya teknologi digital yang sudah menjamur di masa kini. Teknologi tersebut memiliki keunggulan selain praktis dan dapat diakses dimana saja maupun kapan saja. Salah satu contohnya pada saat berbelanja. Dahulu masyarakat berbelanja harus pergi ke toko fisik untuk mendapatkan barang yang diinginkan.

Saat ini sudah tersedia toko digital di berbagai aplikasi platform yang begitu praktis dan mudah digunakan. Cukup dengan menggunakan smartphone, semua barang yang diinginkan dapat dibeli tanpa harus mengunjungi toko fisik sehingga memudahkan konsumen.

Disisi lain, kehadiran aplikasi platform yang disebut e-commerce memiliki suatu hal merugikan bagi pemilik lapak-lapak kecil. Kurangnya pengetahuan mengenai teknologi digital, membuat usaha di lapak-lapak kecil di daerah pasar maupun pinggir jalan semakin sepi. Hal ini membuat keresahan pada pemilik lapak kecil.

Dengan fenomena di atas maka pemuda bisa memanfaatkannya dengan membuat platform sehingga membantu mereka. Pelatihan-pelatihan khusus untuk para pedagang kecil mengenai aplikasi platform digital bagus untuk diadakan. Dari semua program tersebut, maka peran pemuda secara nyata berpengaruh dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat yang aktif berdagang.

Pemuda Desa Masa Kini

Di wilayah pedesaan, pemuda desa masih sangat guyup rukun membangun desanya dengan caranya sendiri. Pemuda desa adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan dalam lingkup kepemudaan di Indonesia. Pemuda desa bisa dikatakan sebagai garda terdepan dalam pembangunan dan aktivitas produktif di Pedesaan.

Tidak dipungkiri bahwa desa sebenarnya merupakan wajah beranda Indonesia. Kebanyakan pemuda di Indonesia berada di pedesaan. Maka dari itu desa perlu dibangun dari seluruh segi seperti infrastruktur maupun sumber daya manusianya.

Pemuda desa merupakan aset yang sangat prospektif guna merubah wajah desa di Indonesia menjadi lebih baik. Paradigma masyarakat perkotaan sampai saat ini masih menganggap desa sebagai wilayah yang tidak berkembang.

Padahal perkembangan desa di Indonesia sangat bagus. Hal ini dilihat dari segi pembangunan infrastruktur pedesaan, pemanfaatan potensi desa secara optimal, dan kualitas sumber daya manusia di pedesaan yang semakin baik.

Salah satunya bisa dilihat di Desa Blanceran di Kabupaten Klaten. Desa ini merupakan pelopor desa digital pertama di Kabupaten Klaten. Desa Blanceran menawarkan sebuah terobosan dalam pelayanan desa berbasis digital pertama di Klaten.

Hal ini memudahkan masyarakat desa yang sebagian besar berprofesi sebagai karyawan pabrik dalam mengurus surat-surat administrasi yang dibutuhkan di Kelurahan Desa Blanceran. Walaupun untuk cap dan tanda tangan pejabat desa harus ke kantor kelurahan tetapi masyarakat Desa Blanceran sangat terbantu.

 

Pemuda Desa Blanceran

Pemuda Desa Blanceran adalah aset masa depan yang dimiliki Desa Blanceran. Pemuda di wilayah ini termasuk guyub rukun dalam bersinergi dengan pemerintah desa Blanceran. Apabila ada kegiatan di pemerintah desa Blanceran pasti pemuda desanya langsung membantu dalam pelaksanaannya.

Pemuda Desa Blanceran memiliki wadah organisasi karang taruna yang bernama ‘Maju Perkasa’. Karang taruna ini memiliki banyak anggota di wilayah Desa Blanceran. Organisasi karang taruna ini sudah terbentuk sampai dengan sekarang. Ketua karang taruna Desa Blanceran saat ini yaitu Nafi’ Zulfa.

Program yang dilakukan karang taruna Desa Blanceran sebenarnya lumayan banyak. Mulai dari mengadakan acara wayang pada bulan suro di Dukuh Wates. Pagelaran wayang di Dukuh Wates tidak akan berjalan lancar dari mulai persiapan sampai selesai karang taruna tidak dilibatkan. Keterlibatan pemuda karang taruna Desa Blanceran membuat pagelaran wayang kulit di Dukuh Wates berjalan sukses dan lancar.

Hal tersebut bisa menjelaskan bahwa pentingnya pemuda desa dalam rangka suksesnya acara. Walaupun peran kaum tua juga mendominasi tetapi pemuda desa dapat membantu masalah teknis pada saat acara mulai dari persiapan sampai acara selesai. Sehingga, kerukunan terlihat dari kaum tua maupun pemuda Desa Blanceran.

Dalam mewujudkan kemandirian pangan rumah tangga di Desa Blanceran. Pemerintah Desa Blanceran membangun kolam ikan dan bioflok untuk dijadikan budidaya. Pengelolaan budidaya ikan tersebut dilakukan oleh pemuda karang taruna Desa Blanceran.

Sebelumnya, pemuda karang taruna Desa Blanceran diberikan pembekalan mengenai cara budidaya ikan yang baik oleh pemerintah desa. Alhasil, pengelolaan budidaya ikan oleh pemuda karang taruna Desa Blanceran menghasilkan panen yang bagus sekitar 4 kuintal ikan.

Selanjutnya, hasil panen tersebut dijual ke masyarakat Desa Blanceran dengan harga murah. Selain digunakan sebagai kegiatan pemuda karang taruna, hasil panen ikan tersebut digunakan dalam rangka pemenuhan protein alternatif di lingkup masyarakat Desa Blanceran.

Upaya tersebut menjadikan karang taruna Desa Blanceran semakin guyub dan produktif. Dengan pengalaman budidaya tersebut diharapkan dapat menumbuhkan entrepreneur muda di sektor perikanan di Desa Blanceran.

Pada saat wabah covid-19 yang terjadi sekitar 2 tahun yang lalu. Pemuda karang taruna turut membantu dalam kegiatan penyemprotan desinfektan di seluruh Desa Blanceran. Bekerja sama dengan pemerintah desa, pemuda karang taruna serta masyarakat saling bergotong royong dalam kegiatan ini agar masyarakat terjaga dan terhindar dari kontak virus berbahaya ini.

Sebagai desa digital pertama di Kabupaten Klaten, Pemerintah Blanceran membangun studio podcast dengan inisiatornya yakni Sekretaris Desa Wahyu Setiawan. Studio podcast ini berguna untuk kegiatan berbagi informasi dari narasumber berbasis talkshow atau diskusi.

Hal ini menguatkan karakter Desa Blanceran sebagai desa digital di Klaten. Konten yang dihasilkan podcast Desa Blanceran diunggah ke platform YouTube sehingga masyarakat luas bisa melihat dan mendapatkan informasi dari kegiatan tersebut.

Pemerintah desa Blanceran mengharapkan pemuda karang taruna Desa Blanceran dapat mempelajari teknis dalam studio podcast sampai menjadi konten. Sehingga, para pemuda desa dapat memanfaatkan studio podcast dengan optimal untuk peningkatan kapasitas diri.

Perkembangan teknologi hari demi hari semakin pesat, maka dari itu pemuda Desa Blanceran harus siap-siap menghadapi perubahan tersebut. Peningkatan building capacity maupun soft skill sangat dibutuhkan untuk menghadapi masa depan yang akan datang. Persiapan yang baik dari pemuda Desa Blanceran akan mengantarkan mereka menuju kesuksesan dimasa yang akan datang.

 

Narasumber:

Wahyu Setiawan (Sekretaris Desa Blanceran)

Nafi’ Zulfa (Ketua Karang Taruna Desa Blanceran)