Prospek Bisnis di Desa Blanceran untuk Kesejahteraan

Wilayah Bisnis di Blanceran. DOKUMEN PRIBADI

Sangat menarik jika membahas bisnis suatu daerah pedesaan di Klaten. Kabupaten ini terkenal karena strategis yang diapit dua kota besar yaitu Surakarta dan Yogyakarta sehingga sering disebut kota satelit. Klaten memiliki banyak daerah wisata mulai dari pesona panorama Gunung Merapi, wisata air di Ponggok, sampai wisata kuliner yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Potensi tersebut merupakan sebuah peluang sehingga banyak para penanam modal melirik klaten sebagai ladang bisnis. Fasilitas jalan di Klaten mengalami perkembangan yang semakin baik dan halus sehingga masyarakat dan pengusaha aman dan nyaman. Hal tersebut juga menunjang distribusi dalam bisnis sehingga lancar dan tepat waktu.

Saat ini, Klaten sudah mulai dilirik sebagai wilayah yang potensial untuk mengembangkan sektor bisnis seperti pariwisata, kuliner dan industri. Jika dilihat dari sejarah, pada zaman penjajahan Belanda, Klaten sudah menjadi wilayah industri gula, karung goni, dan kain lurik. Sehingga, tidak heran kalau banyak industri yang masuk di Klaten sampai saat ini.

Salah satunya Blanceran, memiliki cangkupan wilayah besar dengan letak yang sangat strategis yaitu di Jalan Jogja-Solo dan Penggung-Jatinom. Desa Blanceran sudah diincar para investor dalam membangun unit bisnisnya di Klaten.

Dalam dunia usaha, posisi unit bisnis yang strategis merupakan kunci. Dari sudut pandang bisnis, unit usaha yang strategis diharapkan dapat mencangkup kemudahan distribusi dan pasar luas. Kondisi di Blanceran sudah sangat pas karena dapat mencangkup pangsa pasar wilayah Solo, Jogja, Boyolali, dan Salatiga.

Blanceran sendiri sudah dibangun beberapa unit bisnis seperti pabrik rokok, pabrik pengolahan bijih plastik, serta gudang distribusi skala regional. Pabrik rokok yang ada di Blanceran adalah salah satu pabrik rokok terbesar di wilayah Jawa Tengah maupun Solo Raya. Pabrik rokok tersebut terletak di sebelah timur Balai Desa Blanceran tepatnya di sekitar jalan raya Jatinom-Penggung.

Kehadiran pabrik rokok menyerap tenaga kerja yang berasal dari masyarakat Blanceran. Mereka mengharap kehidupan yang lebih baik dan sejahtera dari kerja di pabrik rokok tersebut. Walaupun banyak dari masyarakat di Blanceran menjadi karyawan atau buruh linting biasa.

Sangat sedikit masyarakat di Blanceran yang menduduki posisi strategis di pabrik rokok seperti general manager, human resources dan lain sebagainya. Mayoritas pekerja linting di pabrik rokok merupakan lulusan SMA atau SMK

Sangat disayangkan beberapa pemuda Blanceran setelah lulus SMA atau SMK tidak melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Banyak kelebihan jika mereka mau meneruskan pendidikan yang lebih tinggi.

Mereka akan terbuka wawasan, menambah jaringan pertemanan, dan pemikiran lebih dewasa. Selain itu, peluang mereka lebih besar untuk berkarir dimanapun dengan jabatan yang lebih tinggi daripada yang lulusan SMA maupun SMK.

Adapun alasan mereka tidak melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi yakni karena keterbatasan biaya. Saat ini, tidak murah untuk mengenyam pendidikan yang lebih tinggi seperti kuliah. Walaupun saat ini sudah banyak beasiswa yang beredar.

Tetapi seleksi untuk mendapatkan beasiswa tersebut tergolong tidak mudah. Perlu usaha yang lebih untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Maka dari itu tak ada pilihan lain selain menjadi buruh di pabrik rokok. Mereka mendapatkan penghasilan yang tetap dan cukup untuk memenuhi kehidupannya.

Sebuah perusahaan besar multinasional di bidang retail masuk dengan segmen gudang distribusi. Tidak heran jika perusahaan retail multinasional di Indonesia tertarik untuk membangun gudang distribusi di Blanceran.

Gudang tersebut memiliki wilayah yang sangat luas di Blanceran dengan posisi yang sangat strategis yaitu di pinggir jalan raya Jatinom-Penggung. Posisi gudang yang tepat membuat distribusi barang ke toko-toko retail menjadi lebih mudah dan cepat.

Sehingga, daerah kerja Solo Raya, Yogyakarta bahkan sampai Boyolali pun dapat dijangkau dengan cepat dan tepat waktu. Perusahaan ini menyerap banyak tenaga kerja yang berasal dari Desa Blanceran. Hal ini agar masyarakat Desa Blanceran dapat kesejahteraan yang lebih baik.

Selain itu, UMKM di Desa Blanceran yang terkenal dengan penghasil handycraft berbahan dasar kayu juga patut dipertimbangkan. Pengrajin handycraft di Desa Blanceran sejak dulu sudah dikenal oleh masyarakat Klaten hingga Jawa Tengah.

Produk mereka biasanya dibuat untuk souvenir, dekorasi ruangan, maupun dekorasi taman. Produk handycraft Desa Blanceran sudah ada yang menembus pasar ekspor di benua lain seperti Eropa, Amerika, dan Australia.

Produk yang dihasilkan tidak hanya produk yang siap dipasarkan tetapi juga bisa memesan produk setengah jadi. Produk setengah jadi biasanya dipesan oleh perusahaan besar karena harga murah sekaligus tinggal finishing. Bentuk produk handycraft yang dihasilkan dari UMKM ini seperti, mobil kayu, patung hewan, gantungan kunci, dan lain sebagainya.

Peluang tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik karena prospek pasar yang masih sangat luas. Vendor pernikahan banyak bermitra dengan pengrajin handycraft di Desa Blanceran untuk memenuhi kebutuhan souvenir pesanan pesta pernikahan.

Souvenir pada pesta pernikahan merupakan barang wajib ada guna memberi kesan pada saat pesta pernikahan. Souvenir yang dipakai untuk cinderamata pada pesta pernikahan yakni, kipas kain, mobil kayu, gantungan kunci, talenan hias, dan lain sebagainya.

Selain itu, para eksportir handicraft bisa bermitra dengan pengrajin handycraft Desa Blanceran supaya produk-produknya lebih mendunia. Produk handycraft Desa Blanceran dapat mendunia maka pesanan akan meningkat sehingga kesejahteraan para pengrajin menjadi lebih baik.

Desa Blanceran memiliki banyak potensi bisnis yang dapat diterapkan. Hal ini bisa dilihat dari posisi strategis desa, pabrik yang berdiri, UMKM yang semakin maju. Tak heran, jika para investor berani membangun aset bisnisnya di Desa Blanceran karena prospek kedepannya yang sangat baik.

Sehingga, investor lain akan tertarik untuk membangun aset di Desa Blanceran. Kesejahteraan masyarakat Desa Blanceran akan semakin baik dengan penyerapan tenaga kerja dari industri tersebut yang akan menurunkan tingkat pengangguran pemuda maupun masyarakatnya.

Add Comment