Blanceran Klaten, Merintis Percontohan Desa Literasi

Tim Ansori Book tengah berbincang dengan Pemerintah Desa Blanceran terkait rencana mewujudkan Blanceran Desa Literasi, Selasa (1/3/2022). SURAKARTADAILY

Selasa 1 Maret 2022 bertempat di Balai Desa Blanceran, beberapa perangkat Desa Blanceran melakukan pertemuan dengan Pandiva Books, pertemuan tersebut dilaksanakan di ruang utama Balai Desa Blanceran.

Perbincangan yang cukup hangat tersebut membahas tentang kiat Desa Blanceran untuk merintis sebuah percontohan Desa Literasi.

Arif Giyanto sebagai direktur Pandiva Books mengatakan bahwa Pandiva Books sebagai sebuah konsultan yang bergerak di bidang literasi menyambut baik program literasi desa Blanceran tersebut, selain itu Pandiva Books berkomitmen untuk mendampingi desa Blanceran untuk menyiapkan sumber daya manusia Blanceran agar melek terhadap literasi.

Desa Blanceran terletak di Kecamatan Karanganom, Klaten. Menurut Wahyu Setyawan sebagai sekretaris desa Blanceran, Blanceran memiliki fasilitas teknologi informasi yang cukup memadai yaitu adanya sebuah laboratorium komputer yang memiliki perangkat lengkap.

Sayangnya, fasilitas tersebut belum dimanfaatkan secara optimal, terlebih bagi masyarakat Blanceran sendiri. Hal tersebut kemudian yang melatarbelakangi semangat desa Blanceran untuk mengembangkan desa literasi untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki Blanceran.

Kedepan program rintisan desa literasi ini memiliki tiga tujuan, tujuan pertama adalah terbentuknya Blanceran Library. Blanceran Library adalah perpustakaan desa yang di dalamnya akan diisi dengan buku-buku literasi terkait dengan Blanceran.

Ada tiga kemungkinan, orang Blanceran menulis buku yang membahas tentang Blanceran, Orang luar Blanceran menulis Buku Blanceran dan Buku yang ditulis orang Blanceran walaupun tidak membahas Blanceran.

Semua buku tersebut harapannya menjadi literasi yang dimanfaatkan untuk ilmu pengetahuan dan semua buku tersebut terkumpul di perpustakaan Blanceran.

Tujuan yang kedua adalah Visit Blanceran, Visit Blanceran adalah sebuah konsep wisata edukasi yang akan dimiliki Blanceran apabila sudah terbentuk Blanceran Library. Blanceran akan memiliki paket wisata belajar tentang literasi desa yang akan dimuat dalam sebuah platform website.

Visit Blanceran akan menjadikan Desa Blanceran tempat studi banding desa-desa lain maupun akademisi untuk belajar bagaimana merintis desa literasi. Harapannya, dengan adanya visit Blanceran akan menginspirasi desa-desa lain untuk mengembangkan konsep pengembangan desa yang sama yaitu desa literasi.

Terakhir, tujuan dari program literasi Blanceran adalah Literasi Kreatif Blanceran. Literasi Kreatif Blanceran merupakan sebuah program pelatihan menulis yang ditujukan kepada masyarakat Blanceran maupun luar Blanceran.

Program pelatihan ini akan dimentori oleh personil yang ditugaskan dari Pandiva Books. Melalui literasi kreatif Blanceran diharapkan akan lahir penulis dan generasi melek literasi dari Blanceran.

Wahyu Setyawan sebagai sekretaris desa Blanceran, pada pertemuan tersebut menyampaikan ucapan terima kasih kepada segenap tim Pandiva Books yang bersedia membantu menyukseskan program ini.

Pemerintah desa akan berkomitmen untuk menyiapkan sumber daya manusia Blanceran yang akan didampingi, selain itu pemerintah desa juga mensupport ruangan yang akan dijadikan lokasi Blanceran Library.