Rombongan Menhub dan Wali Kota Surakarta Bahas Pembangunan Terminal Tirtonadi

Foto: Dinaspariwisatasurakarta.go.id

Surakarta– Rombongan Menteri Perhubungan Ir. Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan kerja di Kota Surakarta, Minggu (28/2/2021) siang. Rombongan Kementrian Perhubungan ini diterima langsung oleh Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa selaku Walikota dan Wakil Walikota Surakarta bersama jajaran Pemkot Surakarta.

Terkait dengan kunjungan ini, Gibran langsung menggelar pertemuan tertutup sehubungan penataan Terminal Tirtonadi terutama untuk pembangunan di lantai dua. Pembahasan mengenai solusi untuk mengurai kemacetan di rel Joglo juga menjadi perhatian utama.

Selepas rapat terbatas tersebut, Gibran dengan rombongan Menhub meninjau lantai dua terminal untuk meninjau sport center yang telah berjalan menjadi tempat latihan olahraga tinju, tarung drajat yang sudah berjalan reguler.

Rencana Pembangunan

“Kita melihat adanya suatu potensi yang luar biasa di Tirtonadi. Ada public hall, sport center, food court, dll. Tirtonadi ini udah dihubungkan oleh Stasiun Balapan. Kami ingin kerjasama pusat dan daerah berjalan baik. Ini bisa menjadi contoh bagi kota-kota lain untuk membangun terminal sebagai pusat kegiatan,” ujar Menhub usai berkeliling.

Di sisi lain, Gibran mengungkapkan perencanaan pembangunan di lantai dua Terminal Tirtonadi akan menjadi pusat kegiatan yang terintegrasi.

“Saya titip ke Pak Menteri untuk Palang Joglo nanti langsung ditinjau, karena keluhan masyarakat sudah lama sekali soal macet,” tutur Gibran menekankan.

Dalam kesempatan itu, Gibran turut mengucapkan terima kasih atas kunjungan kerja dari Kemenhub dan berharap realisasi penataan Terminal Tirtonadi terkhusus di lantai 2 akan segera terwujud.