Pemkab Wonogiri Optimis BLT-DD Bulan Maret Segera Tuntas

Foto: Humas Pemkab Wonogiri

Wonogiri– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri merencanakan Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa (BLT DD) Bulan Ketiga (Maret) Tahun 2021 dapat disalurkan serentak tanpa kendala non-teknis. Hal ini disampaikan Kepala Bidang Pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Wonogiri, Zygma Idatya Fitha.

Fitha ini menjelaskan bahwa saat ini semua desa telah menerima dana desa untuk penyaluran Bulan Maret 2021, sehingga pihaknya memasang targate, penyaluran BLT-DD bisa segera terealisasi dan semua penerima segera mendapatkan bantuan tersebut.

“Per 12 Maret 2021, semua desa telah menerima Dana Desa untuk penyaluran BLT Bulan Ketiga. Kemudian untuk penyalurannya kepada KPM (Keluarga Penerima Manfaat) ini tergantung jadwal masing-masing desa, tetapi kamu memberi tenggang waktu sampai dengan tanggal 25 bulan Maret,” katanya.

Kemudahan Proses Monitoring

Fitha menambahkan bahwa penyaluran yang cepat direalisasikan sesuai target yang telah ditetapkan, akan memudahkan proses monitoring dari atas. Proses monitoring yang cepat terselesaikan, mendorong tahapan selanjutnya untuk lekas dilaksanakan kembali.

“Bagi kami, hal ini tentunya memudahkan proses monitoring dan pelaporan. Tidak seperti bulan pertama dan kedua (Januari dan Februari), dimana hampir setiap hari kami mengajukan pencairan, sehingga cairnya tidak serentak, maka penyalurannya kepada KPM pun tersendat. Kalau sudah cair serentak seperti ini, tentunya penyaluran ke KPM lebih mudah dan proses monitoring dan pelaporan pun lebih efisien,” terangnya.

Disinggung mengenai jumlah KPM se-Kabupaten Wonogiri, Fitha menjelaskan, berdasarkan data yang dimiliki Dinas PMD, tercatat ada 12.148 KPM dari 251 desa di Wonogiri.

“Kalau jumlah KPM memang berubah dari tahun 2020 ke tahun 2021 ini, karena ada yang meninggal juga sementara tidak memiliki ahli waris. Kebijakan penentuan KPM BLT DD adalah mereka yang belum menerima bantuan dari program lain, makanya ditentukan melalui musdessus (musyawarah desa khusus) dan hasilnya terdapat 12.148 penerima se-Kabupaten Wonogiri. Besarannya masih sama, Rp300.000,00 per bulan,” ujar Fitha.

Fitha berharap, pencairan dan penyaluran serentak di bulan ini bisa dilanjutkan di bulan-bulan berikutnya.

“Harapan kami tentunya ritme kerja seperti ini bisa kami pertahankan sehingga KPM juga bisa menerima dan memanfaatkan BLT DD untuk pemenuhan kebutuhan sebagaimana mestinya,” tandasnya