Kementerian Pertanian Mendorong Produktivitas Sektor Perkebunan Karanganyar

Foto: Humas Pemkab Karanganyar

Karanganyar- Melimpahnya hasil perkebunan di Karanganyar, mendorong kesadaran pemerintah mengelola untuk mengelola komoditas dari sektor tersebut. Terkait dengan hal itu, Menteri Pertanian mendorong sektor perkebunan Kabupaten Karanganyar dapat menjadi industri selain hasil pertaniannya.

Hal tersebut diutarakan oleh Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo dalam kunjungan kerjanya di Desa Kaling Kecamatan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar, Jum’at (5/3).

Untuk mendorong munculnya industri dan menambah penghasilan para petani, Kementerian Pertanian menyerahkan bantuan belasan ribu bibit jeruk dan kelapa. Diharapkan dengan bantuan ini mampu memberikan penghasilan tambahan bagi petani dan mendorong tumbuhnya industri baru.

“Dari kelapa, airnya mampu menghasilkan natadecoco dan tempurung menjadi briket pengganti arang,”jelasnya.

Pihaknya pun mendorong Pemerintah Kabupaten Karanganyar dapat menarik investor untuk membangun pabrik agar dapat menampung hasil panen jeruk dan kelapa.

Produktif di Masa Pandemi

Ditambahkan pula oleh Syahrul, bahwa dalam menghadapi masa pandemi ini pihaknya berharap semua pihak bersinergi di semua sektor untuk peningkatan produksi pertanian karena pertanian ini tidak mengenal pandemi.Pasalnya, kerja keras dan kebersamaan dari semua pihak harus dipertahankan agar menopang ketahanan pangan nasional.

“Pertanian tumbuh 16 persen. Itu semua berkat kerja keras petani dan pihak terlibat di sektor pertanian,”ujarnya.

Dalam kunjungan kerjanya Menetri Pertanian didampingi anggota DPR RI Luluk Nur Hamidah, Bupati Karanganyar Juliyatmono dan jajaran Forkopimda Karanganyar. Pada kesempatan itu selain memberikan bantuan benih jeruk dan kelapa, Kementerian Pertanian juga menyalurkan benih padi, pestisida untuk hama wereng dan pembasmi tikus. Bantuan pestisida dan pembasmi hama ini agar petani mampu mengendalikan serangan hama dan penyakit tanaman.

Sementara Bupati Karanganyar siap mengembangkan potensi sektor perkebunan di Karanganyar. Beberapa produk hasil pertanian maupun perkebunan telah berhasil menembus ekspor mancanegara.

“Kami siap mendorong hasil perkebunan di Karanganyar berbicara di pasar nasional maupun internasional. Apalagi ketela di Ngargoyoso mampu menembus pasar Korea dan jahe dalam bentuk permen dikirimkan ke Amerika,”ungkapnya.

 

Add Comment