Dilantik, Bupati Klaten Mencari Alternatif Aktivitas Ekonomi di Tengah Pandemi

Foto: Humas Pemkab Klaten

Jatinom– Tiga hari yang lalu, Klaten telah memiliki bupati yang dilantik bersamaan dengan pandemi Covid-19 yang masih berlangsung. Dengan dilantiknya bupati baru, masyarakat Klaten menyerahkan masa depan Kabupaten Klaten untuk tahun 2021-2026 kepada bupati terpilih yaitu Sri Mulyani untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan untuk Kabupaten Klaten tentunya

Usai resmi dilantik sebagai Bupati Klaten 2021-2026 pada Jumat (26/2/2021), bupati terpilih Sri Mulyani berencana segera melaksanan sejumlah program kerjanya. Hal ini lantaran sudah terdapat sejumlah program yang menjadi fokus utama. Pemulihan kesehatan dan perekonomian masyarakat adalah sektor yang dirasa oleh bupati terpilih Klaten menjadi fokus utamanya mengingat dua sektor tersebut paling terdampak pandemi Covid-19.

Dilansir dari klatenkab.go.id. Bupati terpilih Klaten Sri Mulyani setelah upacara pelantikan digelar secara daring mengungkapkan. “Seperti yang kita ketahui bersama, dua tahun ini sedang dilanda pandemi Covid-19. Karena itu ada program yang paling kita tangani; pemulihan kesehatan, pemulihan perekonomian,” Ungkap Sri Mulyani di Pendapa Kabupaten Klaten, Jumat (26/2/2021).

Ekonomi dan Pandemi di Mata Sri Mulyani

Pandemi yang masih berlangsung menjadi momok bagi hampir semua elemen masyarakat yang terdapat di Kabupaten Klaten. Ekonomi yang seharusnya berjalan sesuai dengan harapan mampu menambah kesejahteraan masyarakat nyatanya harus tersendat dengan adanya pandemi ini. Contohnya desa wisata yang berada di Kabupaten Klaten seperti Desa Wisata Air di kecamatan Polanharjo mengalami penurunan intensitas pengunjung terhitung mulai awal Maret tahun 2020.

Penurunan di sektor perekonomian tidak hanya terjadi di tingkat kecamatan, tetapi juga di tingkat keluarga. Banyak keluarga mengeluh dengan kebijakan terkait protokol kesehatan yang ibarat dua mata pisau, di satu sisi kebijakan tersebut dapat melindungi mereka dari terjangkitnya Covid-19 di sisi lain membatasi mereka untuk melanjutkan kegiatan perekonomian.

Untuk menunjang program yang menjadi fokusnya, khususnya pemulihan perekonomian, ia akan menjalin kerja sama secara intens dengan berbagai pihak. Termasuk menjalin kerja sama dengan tim penggerak PKK Kabupaten Klaten agar bisa menjadi motor pemulihan perekonomian di tingkat keluarga.

“Dari pemerintah, program pemulihan prekonomian sudah diplot di masing-masing OPD (Organisasi Perangkat Daerah), mulai dari pembinaan UMKM, pemberian modal, hingga pembekalan keterampilan. Pemulihan ekonomi ini bukan hanya tugas pemerintah, namun juga tugas tanggumg jawab seluruh elemen,” ungkapnya.

Penulis: Choirul Istiyanto

Editor: Muhammad Taufik

Add Comment