Bincang Diskusi Kepemudaan Kota Surakarta

Foto: Ghani

Jebres –Pada (10/3/2021) Forum Komunitas dan Organisasi di Kota Surakarta mengadakan diskusi dengan tema Anak Muda dan Kepemimpinan Indonesia. Diskusi diikuti beberapa Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP).

Agenda tersebut menghadirkan dua calon mandataris (Komite Nasional Pemuda Indonesia) KNPI; Agus Riyanto dan Respatih Adi, juga Niken Satyawati selaku ketua (Masyarakat Anti Fitnah Indonesia) MAFINDO Kota Surakarta. Diskusi diikuti beberapa Organisasi Kepemudan Permasyarakatan (OKP).

Arah pembicaraan dan penyampaian yang disampaikan oleh Agus dan Respatih lebih menitikberatkan pada penguatan kebudayaan untuk membangun Kota Surakarta lebih baik dalam prespektif pemuda. Sedangkan untuk Niken dari MAFINDO menekankan pada aspek kekuatan pemuda dalam bijak mengelola informasi dan teknologi.

Pemuda Surakarta

Momentum diskusi diambil cukup strategis pasalnya pada 27 Maret 2021 akan dilaksanakan Musyawarah Daerah (MUSDA) KNPI. Dengan harap pelaksanakan diskusi dapat memberikan gambaran dan sharing ide untuk gerakan pemuda ke depan.

Dilantiknya Walikota Surakarta Gibran Rakabumingraka memberikan warna tersendiri bagi pemuda Kota Surakarta. Semangat baru dan harapan bagi pemuda terbuka lebar untuk berekspresi. KNPI yang mengklaim sebagai wadah OKP diulas pada diskusi tersebut untuk membaca kembali arah gerak perjuangan pemuda Kota Surakarta.

Ahmad Ramdhon selaku Dosen Sosiologi UNS ikut serta dalam diskusi. “Pemuda harus lebih intens dalam mengadakan forum seperti ini. Juga peranan KNPI harus lebih sinergi kepada OKP/pemuda.” Tutur Ramdhon ketika menyampaikan closing statement acara. Bagaimanapun, pemuda merupakan harapan bangsa dan negara. Ide segar atau gagasan harus di wadahi dengan baik dan tertata guna menuangkan gagasan kepada masyarakarat Kota Surakarta.