Webinar Nasional HW UMS, Swakelola Sampah Menuju Pola Hidup Zero’ Waste’

Foto: Hizbul Wathan UMS

UMS– Rangkaian peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2021 masih terus berlanjut. Pada Rabu (24/02), Hizbul Wathan Universitas Muhammadiyah Surakarta melaksanakan Webinar Nasional dengan mengangkat tema “Swakelola Sampah menuju Pola Hidup Zero Waste”.

Dalam kesempatan tersebut hadir dua pembicara yang sangat ahli pada masing-masing bidangnya diantaranya yaitu Dr. Iswanto, S.Pd., M. Kes (Majelis Lingkungan Hidup PP Muhammadiyah), Saka Dwi Hanggara (Waste Management Trainer Waste4changen). Acara ini dipandu oleh moderator yaitu Ibunda Ismoko Weni, S.E., M.M beliau adalah ketua bidang diklat Qobilah HW UMS Serta ketua LLHPB PD Surakarta.

Webinar Nasional yang diikuti 275 peserta dari berbagai daerah ini di laksanakan secara daring melalui zoom meeting dan streaming Youtube Hizbul Wathan UMS, hal ini merupakan bentuk ikhtiar panita dalam meramaikan dan memperingati hari peduli sampah nasional (HPSN) 2021 yang dilaksanakan di masa pandemic Covid-19.

Webinar ini dilaksanakan secara online karena melihat kondisi yang belum memungkinkan untuk melaksanakannya secara offline, dan hal ini merupakan salah satu upaya untuk memutuskan mata rantai covid-19, meski pandemi masih berlangsung semangat bergiat tidak boleh mati, agar bumi tidak ikut mati, maka harus tetap kita jaga dan perbaiki ungkap Nisa Pajriyah Selaku panitia kegiatan Webinar Nasional, swakelola sampah menuju pola hidup zero waste.

Saka Dwi Hanggara selaku pembicara mengungkapkan bahwa, “tema yang diangkat saat ini secara tidak langsung mengajak semua orang untuk sama-sama membuka hidan pikiran kita, dimana tiap tahunnya kita selalu memperingati HPSN tapi persoalan sampah masih saja ada. Untuk itu mari kita membuka pikiran dan hati kita untuk tidak sekedar memahami tapi bagaimana kemudian mengamalkan poka hidup zero waste ini, semoga dengan adanya webinar ini akan meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan kita dalam mengelola sampah”. Berbicara tentang HPSN kita diingatkan dengan tragedi longsornya TPA Lewigajah yang bertempat di Bandung pada tanggal 21 Februari 2005, pukul WIB dini hari dan saat itu memakan 157 korban meninggal dunia karena tertimbun sampah, hal itu harus menjadi pelajaran agar tidak terulang kembali, Tambahnya.

Kegiatan yang dimulai pukul 20.00 WIB ini berjalan dengan lancer dan kondusif, dimana peserta aktif menaggapi materi yang disampaikan pembicara. Khoirunisa selaku perwakilan kwartir pusat Hizbul Wathan juga turut memberikan ungkapan terima kasihnya kepada panitia atas terlaksananya webinar nasional yang dilaksanakan untuk memperingati HPSN 2021. “Semoga kegiatan peduli sampah ini bisa terus berlangsung dan berlanjut dari tahun ke tahun, dan dapat di ikuti oleh seluruh PTMA di seluruh Indonesia” tutur Khoirunisa.

Add Comment