Pemerintah Boyolali Targetkan 5.000 Sasaran Vaksinasi Tahap II Selesai dalam Lima Hari

Foto: Humas Pemkab Boyolali

Cepogo– Pemerintah Kabupaten Boyolali melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) mulai melakukan vaksinasi Covid-19 pada hari Selasa (23/02/2021). Vaksinasi ini berlokasi di kantor Dinkes Kabupaten Boyolali, vaksinasi ini akan digunakan untuk 5.000 sasaran dengan target penyelesaikan selama lima hari.

“Target lima hari sudah harus kita selesaikan untuk 5.000 sasaran” ujar Ratri S Survivalina selaku Kepala Dinkes Kabupaten Boyolali, Selasa (23/02/2021).

Vaksinasi tahap kedua ini diprioritaskan kepada tenaga kesehatan yang belum mendapatkan vaksinasi pada tahap pertama. Hal ini dikarenakan tenaga kesehatan tersebut tidak masuk skrining tahap pertama yang sangat ketat. Antara lain umur 18-59 tahun, ibu menyusui, tekanan darah tinggi atau hipertensi, dan adanya penyakit penyerta atau komorbid. Namun, pada vaksinasi tahap ini, terdapat petunjuk teknis yang memberikan kelonggaran skrining,sehingga tenaga kesehatan yang belum mendapatkan vaksin pada tahap pertama bisa divaksinasi pada tahap kedua ini.

“Jadi untuk sasaran vaksinasi itu hanya yang umurnya lebih dari 18 tahun tidak ada batasan maksimal. Kemudian untuk ibu menyusui diperbolehkan, kemudian batasan untuk komorbid itu lebih dilonggarkan lagi,” ungkap Lina.

Selain digunakan untuk 1.200 nakes, vaksinasi sejumlah 1.000 vial ini juga akan digunakan untuk TNI/Polri sejumlah 1.500 sasaran. Anggota legislatif sebanyak 46 sasaran, tokoh agama dan tokoh masyarakat sejumlah 150 sasaran, dan pelayan publik seperti Organisasi Perangkat Daerah (OPD), pelaku bisnis, perbankan dan wartawan sejumlah 800 sasaran.

“Khusus yang Dinkes hari ini dilakukan pelayanan untuk 1.200 nakes yang belum sempat tervaksinasi di tahap satu,” imbuhnya.

Kabupaten Boyolali mendapatkan 1.000 vial vaksin pada tahap kedua ini. Dalam satu vial itu bisa untuk 10 kali penyuntikan atau 10 dosis berisi 0,5 cc. Menyiapkan 220 vaksinator, mereka akan menyuntikan vaksin ke sasaran prioritas.