Bupati Karanganyar Harapkan Peningkatan Standar Pelayanan Publik

Foto: Humas Pemkab Karanganyar

Karanganyar– Pada kegiatan Forum Koordinasi Percepatan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik dan Kepatuhan Standar Pelayanan Publik di Kabupaten Karanganyar Bupati Karanganyar Juliyatmono membuka langsung acara yang dihelat, Selasa (16/02/2021)

Acara ini diadakan bersama Ombudsman Provinsi Jawa Tengah dan digelar di The Alana Hotel and Convention Center. Bupati Karanganyar dalam acara tersebut, menyampaikan beberapa hal yang patut menjadi perhatian bersama bagi jajaran perangkat daerah yang berpartsipasi di forum.

Secara khusus Juliyatmono berpesan kepada Pegawai Bagian Organisasi Setda Karanganyar agar memantau secara periodik serta memimpin dan mengkoordinir seluruh OPD agar pelayanannya terupdate dan termonitor dengan baik.

Penilaian Survey Kepatuhan

Kegiatan yang menghadirkan narasumber Kepala Ombudsman Republik Indonesia perwakilan Jawa Tengah Siti Farida itu bertujuan untuk mengkomunikasikan, mengkoordinasikan, mengintegrasikan serta mensinkronkan hal-hal yang berkaitan dengan peningkatan kinerja pelayanan publik.

Selain itu juga untuk mempersiapkan penilaian survey kepatuhan standard pelayanan publik yang dilaksanakan oleh Ombudsman Republik Indonesia, hal itu diungkapkan oleh Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Karanganyar Nurhayati saat menyampaikan sambutan.

Nurhayati juga menambahkan bahwa hasil nilai kepatuhan Standar Pelayanan Publik Kabupaten Karanganyar Tahun 2018 sebesar 65,26 persen sedangkan di Tahun 2019 terjadi penurunan menjadi 56.6 persen. Tahun 2018 dan 2019 Kabupaten Karanganyar masuk dalam zona sedang.

Pihaknya berharap Nilai Kepatuhan Standar Pelayanan Publik di Kabupaten Karanganyar bisa meningkat lebih tinggi.

Harapan yang sama juga diungkapkan oleh Juliyatmono “Saya nyuwun tulung supaya Tahun 2021 nanti zonanya menjadi hijau, masing-masing OPD standar pelayanannya atau SOP nya harus dibikin simple apalagi ditengah pandemi Covid-19”, terangnya.