Vaksin Covid-19 Tiba di Kota Surakarta, Sebelas Tokoh Disuntik Pertama Kali

Foto : Pemkot Surakarta

Surakarta– Kota Surakarta menjadi salah satu kota dari tiga kota yang diprioritaskan mendapat vaksin Covid-19 produksi Sinovac di Provinsi Jawa Tengah. Dua kota lainnya adalah Kabupaten Semarang dan Kota Semarang.

Pada Selasa (12/1/2020), dua unit mobil pengantar 10.609 dosis vaksin Covid-19 produksi Sinovac tahap pertama tiba di Surakarta pada malam ini. Vaksin diterima langsung Wali Kota, FX. Hadi Rudyatmo dan Sekda Kota Surakarta, Ahyani di intalasi farmasi Dinas Kesehatan Kota Surakarta.

Jatah vaksinasi tahap pertama, bakal disuntikkan kepada tenaga kesehatan (nakes) dan tenaga pendukung lain. Selain itu 11 tokoh dan pejabat yang sudah terdata, termasuk Sekertaris Daerah Kota Surakarta akan menerima pemberian vaksinasi Sinovac tahap pertama pada Kamis (14/1).

Wali Kota Surakarta FX.Rudyatmo merasa bersyukur atas kedatangan vaksin tahap pertama untuk tenaga medis. “Vaksin ini akan menambah imunitas dan semangat para tenaga medis dalam menangani pasien yang terpapar maupun pasien umum. Vaksin ini bukan satu-satunya untuk mencegah terpaparnya Covid-19, akan tetapi yang paling ampuh adalah 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak.”

Sebelas Tokoh Divaksin Pertama Kali

Selain itu, rencananya, sebelas tokoh di Kota Solo menjadi sejumlah orang yang akan diberikan vaksin pertama kali. Para tokoh ini diproyeksikan untuk mengawal sekaligus mengawali program vaksinasi di Kota Surakarta. Tokoh-tokoh ini dijadwalkan menerima vaksin perdana Covid-19 di Rumah Sakit Bung Karno Surakarta, Kamis (14/1/2021)

Sebelas tokoh itu di antaranya adalah; Sekda Kota Surakarta, Ketua DPRD Kota Surakarta; Kapolresta Surakarta; Kasrem 074/Warastratama; Kasdem 0735, Ketua IDI Kota Surakarta; Ketua PDGI Kota Surakarta; Ketua PPNI Cabang Surakarta, Kajari Kota Surakarta; Waka Bidang Pelayanan Ikatan Bidan Indonesia Surakarta; dan perwakilan wartawan.

Wali Kota Surakarta, FX. Hadi Rudyatmo dalam sambutannya menyatakan hari ini vaksinasi di Pemkot Surakarta sudah mulai dilaksanakan untuk tenaga kesehatan dengan perdana sebelas tokoh. “Sebelas ini singkatan dari tenaga kesehatan Setia Bela Rakyat Surakarta menanggani pandemi Covid-19,” tegasnya.

Dengan vaksinasi Covid-19 Wali Kota berharap seluruh warga terutama nakes untuk menerima vaksin untuk memotivasi dengan menumbuhkan kepercaya diri minimal kekebalan tubuh kita bertambah. Intinya, ujar Wali Kota, ”Terapkanlah gaya hidup sehat.”