UNS Luluskan Doktor Baru di Tengah Pandemi

UNS – Pandemi Covid-19 bukan menjadi halangan bagi Program Studi (Prodi) Doktor Ilmu Pendidikan Pascasarjana Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta untuk meluluskan Doktor baru. Terkini, Joko Sulianto yang merupakan dosen Universitas PGRI Semarang resmi menyandang gelar doktor dalam Ujian Terbuka Promosi Doktor Prodi Doktor Ilmu Pendidikan Pascasarjana UNS pada Jumat (15/1/2021).

Gelar doktor Ilmu Pendidikan Joko Sulianto diraih dengan disertasi berjudul “Pengembangan Model Pembelajaran Advance Organizer Berbasis Pendekatan Open-ended untuk Meningkatkan Penalaran Siswa pada Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar”. Lantaran masih berada di masa pandemi, pelaksanaan Ujian Terbuka Promosi Doktor Prodi Doktor Ilmu Pendidikan Pascasarjana UNS digelar secara online atau dalam jaringan (daring). Keberhasilan Joko Sulianto meraih gelar doktor ini tidak lepas dari peran pembimbing desertasinya, yakni Prof. Dr. Sunardi, M.Sc., Prof. Dr. Sri Anitah, M.Pd., dan Prof. Drs. Gunarhadi., MA., Ph.D.

Terkait dengan pengerjaan disertasinya, Joko Sulianto mengatakan, hasil analisis proses pelaksanaan pembelajaran matematika yang berlangsung di Sekolah Dasar (SD) menunjukkan kemampuan penalaran pada kriteria cukup. Joko mengatakan semua responden hampir setuju pada kurikulum 2013 apabila keterampilan penalaran merupakan kemampuan penting untuk ditingkatkan, sehingga perlu dilakukan upaya pengembangan model untuk meningkatkan keterampilan penalaran.

“Mengingat model pembelajaran belum memadai untuk meningkatkan penalaran siswa, maka perlu dikembangkan model pembelajaran yang berorientasi pada peningkatan keterampilan penalaran siswa SD,” terang Joko Sulianto.

Temuan Sintakmatik Meningkatkan Penalaran

Maka, berdasar temuan itu, hasil pengembangan yang dapat meningkatkan penalaran siswa memiliki semacam sintakmatik seperti pengaturan awal, presentasi advance organizer, dan memperkuat pengolahan kognitif.

“Berdasarkan pada hasil penelitian desertasi saya, ditemukan bahwa model advance organizer yang berbasis pendekatan open-ended efektif dapat meningkatkan penalaran siswa,” kata Joko Sulianto.

Dari hasil penelitian desertasinya, Joko Sulianto juga berhasil melakukan publikasi pada jurnal ilmiah yang terindeks Scopus dan melakukan publikasi international conference. Bahkan, luaran penelitian desertasinya juga ada yang berupa buku panduan tentang model pembelajaran advance organizer berbasis pendekatan open-ended untuk meningkatkan penalaran SD dan Buku panduan suplemen buku siswa matematika untuk kelas 4 berbasis open-ended problem materi pecahan.