Teman Bus, Pengembangan Layanan Sistem Transportasi di Kota Surakarta

Peresmian Teman Bus di Pendhapi Balaikota Surakarta (Foto : Pemkot Surakarta)

Surakarta– Dalam rangka terus meningkatkan layanan angkatan umum perkotaan, Wali Kota Surakarta FX. Hadi Rudyatmo meresmikan Sistem Informasi Angkutan Umum/ Public Transport Information System (PTIS) dan Launching Operasional BST Koridor 1 dan 2 serta Feeder BST.

Sistem informasi yang diresmikan itu bernama Teman Bus. Teman Bus hadir sebagai penunjang mobilitas masyarakat kota Surakarta, dengan program By the Service. Program By the Service ini adalah skema beli layanan per kilometer. Sistem beli layanan ini adalah penyerahan layanan dari pusat ke operator setempat, sehingga layanan bisa disesuaikan sesuai kebutuhan mobilitas warga kota.

Selain itu, Dinas Perhubungan menghadirkan Teman Bus ini demi pelayanan sistem transportasi yang terintegrasi dengan baik dan layanan prima untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat serta menunjang kegiatan perkotaan. Karena tujuan awalnya adalah mempermudah akses dan mengembangkan layanan, Teman Bus nantinya akan bisa diakses di aplikasi ponsel seperti Playstore dan Appstore.

Di sisi lain, integrasi sistem informasi dari Teman Bus ini merupakan salah satu bagian dari penunjang digitalisasi infrastruktur kota. Dengan berjalannya integrasi sistem informasi angkutan umum seperti Teman Bus, berarti penerapan program smart city (kota cerdas) mulai dikembangkan dan berjalan di sektor transportasi.

Dalam acara peresmian ini, Wali Kota Surakarta berpesan kepada para pengemudi BST untuk menjalankan slogan “TEMAN BUS” yang mempunyai arti tepat waktu, efisien, murah, aman, nyaman untuk bekerja, usaha, dan sekolah. Selain itu, FX. Hadi Rudyatmo juga berpesan kepada pengemudi armada, “Selalu menjaga kenyamanan baik untuk penumpang dan untuk pengemudi sendiri.” Ujarnya.

Add Comment