Perlindungan Sosial untuk Pegawai Kelurahan se-Kecamatan Karanganyar

Foto: Humas Pemkab Karanganyar

Karanganyar– Apel Besar Kecamatan Karanganyar hari ini dibarengi dengan kegiatan penyerahan dari Badan Penyelengara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) kepada pegawai Non-PNS kelurahan di seluruh Kecamatan Karanganyar. Acara ini berlangsung di Halaman Kantor Kecamatan Karanganyar.

Dalam acara penyerahan dari BP Jamsostek, ada dua hal yang akan diserahkan pada pihak terkait. Dua hal itu adalah sertifikat dan kartu kepesertaan program BP Jamsostek. Secara simbolis sertifikat dan kartu kepesertaan tersebut diterima oleh perwakilan PNS dan Non PNS. Acara berlangsung tertib dan menaati protokol kesehatan yag telah ditetapkan.

Camat Karanganyar, Parman merespon positif program ini, dan mendukung program BP Jamsostek. Di samping itu, Parman juga menambahkan, sekitar seratus lebih THL (Tenaga Harian Lepas) se Kecamatan Karanganyar membutuhkan perlindungan dan perhatian. Tanpa dukungan dari pemerintah dan pihak-pihak terkait, hal itu tidak bisa terwujud.

Kepala Cabang BP Jamsostek Karanganyar, Gunadi Hery Urando berharap dengan adanya kartu kepesertaan BP Jamsostek pegawai Non PNS bisa bekerja lebih aman, nyaman dan tenteram. Pasalnya tiap bulan tidak hanya dapat gaji atau honor namun juga memperoleh perlindungan sosial.

“97 orang pegawai Non PNS Kelurahan se Kecamatan Karanganyar sudah tercover BP Jamsostek , sementara untuk peserta perangkat desa se Kabupaten Karanganyar sudah tercover semuanya, diharapkan bagi yang belum segera menyusul,” ungkap Gunardi.

Jaminan dan Kontribusi

Sebagai tambahan, disampaikan pula bahwa BP Jamsostek sudah banyak membayarkan klaim jaminan. Ada santunan yang diberikan apabila mengalami resiko namun ada juga kewajiban pembayaran iuran setiap bulan.

Peserta akan menerima satu kartu yang berisi dua macam program, yakni jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian, dengan hanya membayar iuran sebesar Rp. 11.000,- perbulan. “Mudah-mudahan program ini bisa membumi dan memasyarakat ke seluruh lapisan pekerja di Kabupaten Karanganyar khususnya Non ASN” tambahnya.

Selama Tahun 2020 BP Jamsostek Karanganyar sudah memberikan santunan klaim 5.450 kasus dengan total pembayaran sebesar Rp. 30.016.203.849,-, jaminan yang diberikan meliputi Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Pensiun (JP).