Lima Embung di Klaten Ditebari Ribuan Benih Ikan Air Tawar

Foto : Humas Pemkab Klaten

Klaten- Kabupaten Klaten mendapat 500 ribu benih ikan air tawar dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia melalui Direktur Jenderal Perikanan Budaya, Slamet Soebjakto. Benih ikan tawar tersebut lantas ditebarkan di Lima Embung yang terdapat di Kabupaten Klaten.

Bantuan tersebut diberikan secara simbolis oleh Dirjen Slamet, lewat prosesi penebaran benih ikan Nilem di Embung Karangasem, Klaten. Prosesi tersebut dihadiri oleh Direktur Kawasan dan Kesehatan Ikan, Kepala BBPAP Jepara, Komisi IV DPR RI, Bupati Klaten, Muspika, dan Ketua DPRD Kabupaten Klaten.

Di kesempatan itu, Dirjen Slamet mengungkapkan hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan ekonomi dna konsumsi masyarakat Kabupaten Klaten.

“Kita lihat embung disini, ini fungsinya bukan hanya pengendalian air tetapi juga fungsi ekonomi dan kita harapkan nanti menjadi sumber piaraan ikan untuk ketahanan pangan masyarakat, untuk gizi masyarakat, ya itu sasaran kita. Ya kalau nasional sekitar 53 kg/ kapita/tahun, di Klaten atau di Jawa pada umumnya itu masih dibawah 50-an kg jadi masih jauh sekitar 39 kg, atau sekitar 40-an kg ya ini masih jauh sekali” Ungkapnya

Slamet juga menambahkan bahwa tujuan lainnya agar masyarakat gemar makan ikan, meningkatkan konsumsi ikan, karena ikan membuat badan sehat. Terlebih sekarang harga daging sapi harganya melonjak, hal ini menjadi peluang yang luar biasa agar masyarakat lebih banyak mengkonsumsi ikan.

Peningkatan Ekonomi dan Gizi Masyarakat

Tidak berhenti sampai di situ saja, Lima embung yang ada di Kabupaten Klaten juga akan ditebari ikan berjenis air tawar tersebut demi meningkatkan ekonomi dan gizi masyarakat.

Kemudian Bupati Klaten, Sri Mulyani sangat berterimakasih kepada Kementrian Perikanan dan Kelautan Republik Indonesia yang telah peduli, memberikan perhatian dan memberikan bantuanya kepada Pemerintah Kabupaten Klaten berupa benih ikan Nilem.

Sri Mulyani juga berharap supaya budidaya ikan, dan penebaran benih secara simbolis ini dapat bermanfaat bagi warga yang memberdayakannya dengan baik. Selain itu, harapan lainnya agar program ini dapat berguna bagi peningkatan gizi dan masyarakat sekitar.

“Yang tadi disampaikan oleh pak dirjen pak slamet bahwa rencananya akan diberikan bantuan sejumlah 500 ribu yang saat ini yang baru kita tebar 100 ekor dulu. Yang selanjutnya kami akan bagi untuk embung-embung yang ada di Kabupaten Klaten,” pungkasnya.