Kota Klaten Fasilitasi Pesepeda dengan Jalur Sepeda

Foto : Pemkab Klaten

Klaten– Para pesepeda di Kota Klaten tengah mendapat angin segar. Kini beberapa jalur sepeda telah dibuat di Klaten demi kenyamanan para pesepeda. Salah satu jalur sepeda ini dapat dilihat di sepanjang jalur lambat protokol. Di sana, warga bakal menjumpai marka hijau di sepanjang jalan.

Pembangunan jalur pesepeda sebenarnya sudah bisa digunakan sejak Desember lalu. Pembangunan ini sendiri diupayakan setelah melihat makin meningkatnya para pengguna sepeda dalam mobilitas sosial sehari-hari. Lantaran, penggunaan sepeda makin marak di tengah masyarakat, jalur sepeda ini menjadi salah satu fasilitas pubik yang bisa dinikmati oleh warga Klaten.

Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas, Suyatno mengatakan bahwa jalur sepeda yang memiliki lebar 1,2 meter tersebut terbagi atas lima ruas jalan yang dibangun untuk jalur sepeda. ”Kelima ruas jalan yang digunakan untuk jalur sepeda itu diantaranya adalah Jalan Pemuda yang meliputi dari simpang empat bareng sampai lampu merah Tegalyoso , Jalan Veteran yang meliputi simpang tiga Masjid Al- Aqsha sampai simpang empat Bareng, Jalan Kopral Sayom yang meliputi Stasiun Klaten sampai Jalan Ciptomangunkusumo, Jalan Pramuka meliputi simpang tiga BRI sampai Stasiun Klaten dan Jalan K.H Samanhudi meliputi Stasiun sampai simpang tiga Bareng,” ungkapnya saat ditemui di Kantor Dinas Perhubungan Klaten, Senin (11/1/21).

Ia berharap dengan dibangunnya jalur ini dapat meminimalisir kecelakaan serta kemacetan di jalan raya dan juga kepada pengguna sepeda agar memanfaatkan fasilitas ini dengan baik.
.
Salah satu pesepeda dan juga anggota dari Bike To Work Klaten, Taufik juga mengatakan bahwa sangat terbantu dengan adanya jalur sepeda ini dan ia berharap untuk kedepannya lebih diperbanyak lagi. “Jalur sepeda ini sangat membantu untuk para goweser atau pesepeda, mengingat pengguna sepeda saat ini juga banyak dan dengan adanya jalur ini lebih para pesepeda akan lebih aman,” pungkasnya.