Diskusi Jagongan Sampah Kampus di UMS Kembali Aktif

Foto : Istimewa

Sukoharjo– Lama tidak berkegiatan, Jagongan Sampah Kampus yang diinisiasi oleh gerakan UMS Tanpa Plastik kembali digelar pada Sabtu (9/1/2021). Agenda ini, sebelumnya sempat vakum selama hampir satu tahun. Selepas kembali aktif, Jagongan Sampah Kampus kali ini bakal membahas tema ”Inovasi Bisnis Gerakan Pengurangan Penggunaan Plastik”.

Diskusi kali ini digelar secara daring melalui live Instagram di akun @umstanpaplastik pukul 19.45 WIB. Agenda kali ini akan menghadirkan narasumber Anggit Rosianaldy dari Worth While Enthusiasm. Worth While Entusiasm adalah suatu gerakan yang selama ini mengkampanyekan ide mengurangi sampah plastik dalam konsumsi sehari-hari, termasuk dalam sektor bisnis informal. Gerakan ini juga merilis produk-produk yang berkaitan dengan materi kampanye mereka.

Menurut Ahmad Khoirul selaku salah satu inisiator gerakan UMS Tanpa Plastik, tema ini diangkat karena sampai sekarang model business circular tengah hangat menjadi topik pembicaraan. Business circular adalah model bisnis yang digandrungi pelaku bisnis di negara-negara yang fokus pada isu perubahan iklim.

”Karena negara-negara maju ini sedang sangat fokus pada pada permasalahan lingkungan hidup. Melalui diskusi ini harapannya, para peserta dapat menjadikan referensi atau gambaran konsep bisnis yang minim sampah,” ujarnya.

Mengenai agenda Jagongan Sampah Kampus ke depannya, Maul, panggilan akrab Ahmad mengatakan, kegiatan diskusi akan dilaksanakan secara daring. Persoalannya, banyak mahasiswa yang masih berada di kampung halamannya. Padahal sebagian dari mereka ada yang menjadi peserta dan ada pula yang juga penggerak kegiatan ini.

Pada masa awal persebaran pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), kegiatan Jagongan Sampah Kampus memang sempat terhenti. Ia berharap ke depannya, jarak tidak menjadi persoalan bagi terselenggaranya kegiatan ini. Dan meski kampus sedang sepi karena pandemi, bukan berarti diskusi tentang sampah harus behenti.

”Maka dari itu, kegiatan ke depan akan digelar streaming,” ujarnya.