Komitmen Pimpinan Kunci Tata Kelola Pemerintahan Baik

Selama dua tahun berturut-turut, Kabupaten Boyolali mendapat penghargaan dalam tata kelola pemerintahan yang baik terkait gratifikasi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). (Foto: Pemkab Boyolali)

Selo-Selama dua tahun berturutturut, Kabupaten Boyolali mendapat penghargaan dalam tata kelola pemerintahan yang baik terkait gratifikasi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hal ini dapat diartikan, Kabupaten Boyolali menjadi kabupaten dengan sistem pencegahan korupsi terbaik se-Indonesia. Penghargaan tersebut merupakan usaha bersama seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Boyolali dan masyarakat. Capaian ini diharapkan daapt ditiru daerah lain yang datang di Boyolali.

“Sehingga kita membangun sistem ini berhasil dengan baik dan menjadi percontohan di Indonesia. Jangan lupa, 400 kabupaten kota itu mengunjungi Boyolali hanya untuk belajar hal hal seperti ini,” ujar Bupati Boyolali, Seno Samodro usai menghadiri Webinar Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) 2020 di ruang merbabu kantor Bupati Boyolali.

Hal senada juga diungkapkan Wakil Ketua KPK RI, Alexander Marwata. Menurutnya, dalam membangun tata kelola yang baik dibutuhkan komitmen pimpinan. Kabupaten Boyolali yang dipimpin Seno Samodro dinilai mempunyai komitmen tinggi untuk membangun tata kelola menejemen pemerintahan yang baik.

“Kami memang memberikan beberapa kali penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Boyolali karena kami menilai itu bisa menjadi panutan bisa menjadi acuan untuk daerah yang lain,” terangnya.

Terbukti dari hasil audit pada tahun 2020, Kabupaten Boyolali berhasil mengamankan uang Rp 6 Miliar dan hasil evaluasi penyaluran bansos efisiensi sebesar Rp 54 Miliar. Selain itu, dalam evaluasi pemerikasaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Kabupaten Boyolali di semester 1 dan 2 menempati peringkat pertama, terbaik dan paling cepat dalam pelaporan.

JagaBoy

Dalam acara tersebut juga dilakukan peluncuran aplikasi JagaBoy, merupakan aplikasi yang diharapkan mampu menjaga Kabupaten Boyolali bebas dari korupsi. Serta penyerahan hasil audit laporan keuangan desa, dan penyerahan penghargaan.

Antara lain penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra bagi Kepala Dearah dan Ketua DPRD tahun 2019, penghargaan daerah dengan predikat terbaik capaian monitoring centre for prevention (MCP) Boyolali tahun 2020, dan berbagai penghargaan lainnya.