52 Faskes di Boyolali Disiapkan Layani Vaksinasi Covid-19

Sebanyak 52 fasilitas kesehatan di Kabupaten Boyolali disiapkan Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali. (Foto: Pemkab Boyolali)

Ampel-Sebanyak 52 fasilitas kesehatan (faskes) di Kabupaten Boyolali disiapkan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Boyolali untuk mendukung distribusi vaksin Corona Virus Disease (Covid-19) di Boyolali.

Sebelumnya, Dinkes Boyolali telah mendaftarkan 54 faskes, namun setelah dilakukan verifikasi dan identifikasi, terdapat 52 faskes yang disiapkan untuk pelayanan vaksinasi.

“Setelah dilakukan verifikasi dan juga kesiapan dari pelaksana faskes tersebut, ternyata yang memenuhi kriteria dan siap untuk menjadi pelaksana ada 52 saja,” ungkap Kepala Dinkes Kabupaten Boyolali, Ratri S Survivalina saat ditemui di kantornya.

Kriteria yang harus dipenuhi yakni sarana dan prasarana faskes tersebut. Diantaranya yakni sumber daya manusia (SDM) mulai dari dokter penananggung jawab, perawat, dan tenaga administrasi. Serta faskes tersebut memiliki sarana untuk menyimpan vaksin Covid-19. Kemudian berkaitan dengan sistem, pihaknya juga sudah berkomunikasi dengan BPJS Kesehatan.

“Untuk sistem pelaporan dan pencatatan nanti menggunakan sistem yang dikembangkan oleh BPJS. Sudah kami sosialisasikan juga ke faskes terkait,” kata Lina.

52 faskes

Sebanyak 52 faskes tersebut baik milik pemerintah seperti rumah sakit dan Pukesmas maupun klinik swasta diharapkan mampu melayani vaksinasi ke masyarakat dengan rentang waktu lima hingga 15 menit.

Masyarakat akan dilayani vaksinasi oleh faskes mulai dari proses pendaftaran, skrining, pelaksanaan imunisasi hingga pelaporan.