Sebanyak 60.367 KK di Klaten Terima JPS Tahap VI

miskin dan rentan miskin di Kabupaten Klaten menerima bantuan jaring pengaman sosial (JPS) dari Pemerintah Kabupaten Klaten. (Foto: Pemkab Klaten)

Jatinom-Pada situasi pandemi seperti ini, sebanyak 60.367 Kepala Keluarga (KK) yang masuk kategori miskin dan rentan miskin di Kabupaten Klaten menerima bantuan jaring pengaman sosial (JPS) dari Pemerintah Kabupaten Klaten.

Penyaluran dilakukan secara serentak di seluruh desa dan kelurahan di Klaten, hal tersebut ditandai dengan penyerahan simbolis bantuan oleh Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Klaten Sujarwanto Dwiatmoko secara virtual dengan 26 camat, serta kepala desa. Bantuan JPS tersebut senilai 220 ribu rupiah yang diwujudkan dalam bentuk sembako.

“JPS ini yang maksudnya paling pertama agar masyarakat tidak ada yang kesulitan dalam memnuhi kebutuhan keseharian, terutama kebutuhan pangan. Saya mohon pak camat agar memastikan agar masyarakatnya tidak ada yang kesulitan memenuhi kebutuhan pokoknya utamanya pangan” ujar Pjs Bupati Klaten dihadapan para camat, secara virtual dari Rumah Dinasnya.

Selain itu, terang Sujarwanto, dengan adanya JPS Kabupaten yang bahan bakunya dibeli dari masyarakat setempat maka diharapkan dapat menggerakan roda perekonomian.

“Agar perputaran ekonomi sungguh-sungguh terjadi di tingkat lokal, sehingga adanya bantuan dari pusat, provinsi, kabupaten, dan desa juga dimaksudkan agar ada perputaran ekonomi. Belanja atas kebutuhan itu semaksimal mungkin itu melibatkan penyedia barang dan jasa dari masyarakat setempat” imbuh Sujarwanto.

Dapat Meringankan Beban Ekonomi

Terkait penyaluran tersebut, Kepala Dinas Sosial P3AKB Klaten, M Nasir mengungkapkan bahwa bantuan JPS tahap VI ini diberikan pada 60.367 KK. Ia berharap agar bantuan tersebut dapat meringankan beban ekonomi dan sosial masyarakat yang terdampak dengan adanya Covid-19 ini.

“Utuk mengurangi beban ekonomi dan sosial ini dilakukan penyaluran bantuan JPS sembako tahap enam di Bulan November, diharapkan dapat memiliki fungsi strategis untuk meringankan beban masyarakat” ungkap M Nasir

Sebagai informasi, pada tahap pertama penyaluran Jps Kabupaten ini menjangkau sebanyak 33.670 KK, pada tahap kedua sebanyak 52.852 KK, dan pada tahap ketiga hingga ke enam menjangkau sebanyak 60.367 KK.