30 Persen ASN Klaten jadi Muzaki

30% dana zakat yang dikumpulkan Baznas Klaten berasal dari ASN Pemkab Klaten. (Foto: Pemkab Klaten)

Jatinom-Potensi zakat dari Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kabupaten Klaten terbilang cukup besar, namun demikian hal tersebut belum dapat dimaksimalkan.

Data Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Klaten menunjukan bahwa 30% dana zakat yang dikumpulkan Baznas Klaten berasal dari ASN Pemkab Klaten.

Sementara itu, Penjabat Sementara (PJs) Bupati Klaten Sujarwanto Dwiatmoko mengungkapkan bahwa potensi zakat dari ASN Pemkab Klaten masih bisa didorong lebih.

Terlebih, jumlah ASN Pemkab Klaten mencapai 10 ribu orang.

“Dari 10 ribu pegawai negeri hanya 30 persen, sepertinya perlu kita tindak lanjuti, mengingatkan kembali ASN (yang beragama Islam) untuk tertib menjalankan kewajibannya membayar” Ungkap Pjs Bupati Klaten Sujarwanto usai menerima laporan dari Ketua Baznas Klaten, Rabu pagi (30/9), di Acara Penyerahan Zakat Rehab RTLH di Balai Desa Cawas.

Kesadaran untuk Berzakat

Sementara itu Ketua Baznas Klaten Wibowo Muktiharjo berharap agar zakat yang dikumpulkan hingga 31 Desember 2020 mendatang bisa mencapai 4 Miliar Rupiah.

Dikatakannya, ASN Pemkab Klaten menjadi salah satu pilar dalam penerimaan zakat Baznas Klaten. Ia pun berharap agar para ASN semakin meningkatkan kesadarannya untuk berzakat.

“Harapan kami mudah-mudahan teman-teman ASN di Pemkab klaten bisa semakin bisa meningkatkan kesadaran dan keingannya untuk memenuhi kewajibannya dalam islam dengan membayar zakat” Pungkasnya.