Siasati Pembelajaran Daring, DWP Klaten Berikan Tips Selama KBM

Dharma Wanita Kabupaten Klaten saat melakukan live instagram dengan tema “Peran Orang tua dan Keluarga dalam pendampingan Kegiatan Belajar Megajar (KBM) daring. (Foto: Pemkan klaten)

Manisrenggo-Selama pandemi Covid-19 ini sangat berpengaruh terhadap dunia pendidikan, terlebih mempengaruhi sistem pembelajaran anak yang terpaksa harus melalui sistem daring.

Dharma Wanita Kabupaten Klaten dengan adanya hal tersebut, demi mengedukasi masyarakat peranan orang tua dalam mendampingi anak, maka melakukan live instagram dengan tema “Peran Orang tua dan Keluarga dalam pendampingan Kegiatan Belajar Megajar (KBM) daring”.

Live instagram ini disiarkan melalui akun @atik.mira dan @primasaripita. Ketua DWP Kabupaten Klaten, Atik Jaka Sawaldi sebagai Host dan dr. Primasari Pitaningsih sebagai narasumber.

Menurut dr Primasari dalam mendampingi anak di pembelajaran secara daring orangtua kuncinya harus berpikir positif, menjalin komunikasi yang aktif positif kepada anak, selalu mengingatkan dan introspeksi serta refleksi.

Pendampingan Langsung

Ketua DWP kabupaten Klaten juga mengungkapkan dampak dari belajar dirumah ini ada sisi positif dan negatifnya. Sisi positifnya orangtua bisa secara langsung mendampingi anak belajar, hubungan antara orang tua, anak semakin akrab dan orangtua bisa mengajarkan pekerjaan rumah pada anak.

Tetapi ada juga sisi negatifnya, bahwa tidak semua orang tua menguasai materi pembelajaran, orang tua tidak menguasai penggunaan gadget dan banyak ditemui untuk orangtua yang sibuk bekerja sehingga tidak mempunyai waktu untuk mendampingi anak.

Meski begitu, Atik Jaka Sawaldi mengajak bersama-sama tetap ikuti pembelajaran yang sudah diterapkan pemerintah dan berpatisipasi dalam upaya pencegahan penyebaran covid 19 dengan selalu mentaati protokol kesehatan seperti selalu pakai masker, cuci tangan dengan sabun, makan yang bergizi , dan lakukan gerakan masyarakat agar pandemi ini segera berakhir.