Q Nirwana, Pondok Quran di Atas Kahyangan

Pondok Q Nirwana Kahyangan. ALBICIA HAMZAH

Gunung Kunir adalah wilayah pegunungan yang berada di Desa Dlepih, Kecamatan Tirtomoyo, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Gunung Kunir tegak menunjam langit di atas tempat wisata Kahyangan Tirtomoyo.

Di tempat ini menyimpan sejuta potensi yang belum dimaksimalkan pemberdayaannya, mulai dari lahan yang subur dengan pemandangan indah, mineral yang terkandung di dalamnya, masyarakat pedesaan yang hidup rukun, tempat strategis untuk belajar, lokasi bekas penambangan zaman Belanda, dan masih banyak lagi.

Akan tetapi, sangat disayangkan, dengan adanya potensi sumber daya alam serta kekayaan yang melimpah saat ini, masyarakat sekitar kurang mendapat sentuhan keagamaan dan ilmu pertanian.

Penduduk Gunung Kunir hanya mengandalkan pertanian seadanya untuk menghidupi kebutuhan sehari-hari. Padahal, tanahnya dapat ditanami berbagai jenis tanaman produksi lainnya. Realita ini muncul karena alasan klasik, takut gagal, dan tidak berani berspekulasi.

Dalam bidang keagamaan juga sangat miris. Salat Jumat di desa disebut-sebut tidak lebih dari 20 jemaah, itu pun sebagian diikuti anak-anak. Sementara Tempat Pendidikan Alquran (TPA) untuk kegiatan anak-anak, hanya digelar seminggu sekali. Pengajarnya dari warga biasa, bukan seorang ustaz yang benar-benar ditugaskan khusus.

Jumlah penduduk di sana lebih dari 300 kepala keluarga. Apabila ada sentuhan agama yang menetap di sana, diharapkan warga akan lebih termotivasi untuk menjalankan syariat agama secara benar.

Melihat potensi sumber daya alam serta minimnya pengelolaan dan pemberdayaan masyarakat sekitar, maka keluarga Sholeh Harsono bergerak memunculkan gagasan untuk mendirikan Pondok Tahfidz Quran Nirwana (Pondok Q Nirwana) di atas lahan seluas 10 hektare.

Nama tersebut didasarkan pada dua alasan. Pertama, posisinya di sekitar Gunung Kunir, maka penyebutannya bisa Qnir-wana, yang berarti alas atau hutan Kunir. Kedua, letaknya di atas wisata kahyangan (Nirwana), maka sebetulnya Q yang dimaksud adalah Quran. Jadi, bisa disebut dengan Pondok Quran Nirwana, yang berarti Pondok Quran di atas daerah kahyangan.

Lokasi tempat pondok dan praktik, agronominya sudah tersedia lahan seluas 10 hektare. Sementara itu, yang dipergunakan baru seluas dua hektare.

Diharapkan, dengan adanya pondok Q Nirwana, bisa menjadi sarana pembelajaran bagi masyarakat sekitar Gunung Kunir. Khususnya dan lebih luas lagi, bisa menjadi rujukan pembelajaran keagamaan dan agronomi bagi seluruh masyarakat di Kabupaten Wonogiri serta melahirkan Kiaipreneur untuk para santri yang mondok.

Sampai sekarang, proses penataan, pembenahan lokasi, dan pembangunan fasilitas pondok masih berjalan dan sudah ada beberapa santri yang tinggal. Pihak pengurus pondok Q Nirwana membuka diri untuk membangun kerja sama dalam pengembangan dan pembangunan fasilitas sarana dan prasarana pondok.

Target dan Rencana Program

Pondok Q Nirwana mengeksplor Al-Quran, seperti jumlah surat, isi kandungan yang ada di dalam surat tersebut, serta pelajaran yang didapat. Selain itu, mempelajari kisah-kisah Nabi dan kisah-kisah lainnya.

Ditargetkan dalam dua atau tiga hari, peserta akan hafal dan paham dari teras satu sampai dengan teras 114. Setiap teras Al-Quran diuraikan. Peserta memahami isi dan kandungan Al-Quran, juga hafal dan paham 114 surat dalam Al-Quran untuk level dasar.

Jika peserta ingin masuk ke level lanjutan, dapat mengikuti program menghafal Al-Quran singkat, bekerja sama dengan metode-metode yang sudah ada. Diharapkan sebelum menghafal Al-Quran, santri paham dahulu isi dan kandungan Al-Quran.

Sistem dan metode pembelajarannya, yakni menyatu dengan alam. Para peserta langsung merasakan ayat-ayat kauniyah. Insyaallah dengan metode ini akan cepat meresap dan hafal.

Kunjungan ke Pondok Q Nirwana ditarget dua atau tiga hari maka peserta akan hafal dan paham kandungan dalam Al-Quran. Jika peserta menghendaki program lanjutan menghafal Al-Quran, bisa menjadi santri Pondok Q Nirwana selama satu atau dua tahun.