Pengabdian Masyarakat, Politeknik Pratama Mulia Suguhkan Inovasi Mesin Pengolah Ikan

Pengabdian masyarakat Politama Surakarta di Kabupaten Rembang. POLITAMA

Tlogomojo, REMBANG—Sebagai wujud pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, civitas akademika Teknik Elektronika Politeknik Pratama Mulia Surakarta melaksanakan Kegiatan Pengabdian Masyarakat (PKM).

Salah satu PKM yang dilaksanakan pada tahun 2020 adalah pengolahan ikan kurisi dan ikan swanggi di Desa Tlogomojo, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang, dengan tim PKM yang diketuai oleh Yaya Finayani dengan anggota Muhammad Alhan dan Sunaryo serta melibatkan beberapa mahasiswa.

Pengabdian masyarakat tersebut dibiayai oleh RISTEK-BRIN. PKM ini dilaksanakan dengan mitra kelompok usaha SOJI yang diketuai oleh Sri Puji Muntyastuti. Kelompok usaha SOJI beralamat di Desa Tlogomojo RT 05 RW 01, Kecamatan Rembang, Kabupatem Rembang, yang memiliki 13 pekerja ibu rumah tangga di sekitar rumahnya.

Ketua PKM Yaya Finayani menjelaskan jika ikan kurisi dan ikan swanggi tergolong ikan hasil tangkapan perairan laut di Kabupaten Rembang yang dimanfaatkan sebagai bahan dasar membuat scallop, bakso, dan sosis, dengan terlebih dahulu dibuat menjadi surimi.

“Surimi secara harfiah dapat diartikan sebagai daging ikan yang dilumatkan membentuk seperti pasta. Bahan ini dibekukan, untuk kemudian dilelehkan dan diolah menjadi makanan jadi,” jelasnya.

Namun, lanjutnya, permasalahan yang dihadapi kelompok usaha SOJI adalah pengolahan surimi yang masih dilakukan secara manual dengan memfilet daging ikan dari tulang dan kulitnya, hal ini memerlukan waktu dan tenaga yang cukup lama.

“Alat penggiling dan pengaduk adonan ikan yang dimiliki belum bekerja secara maksimal dikarenakan kontruksi mesin masih sederhana sehingga menghasilkan adonan yang belum halus dan lembut mengakibatkan produksi sosis terhenti,” katanya.

Selain itu, tambahnya, pemasaran produk olahan SOJI masih dilakukan secara tradisional, dapat dikatakan tidak melakukan promosi sama sekali.

“Oleh karena itu perlu pemberian fasilitas teknologi tepat guna berupa mesin pemisah daging ikan dari kulit dan tulangnya, mesin penggiling dan pengaduk olahan ikan. Penggunaan mesin tepat guna ini akan meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan, yaitu produk yang marketable,” bebernya.

Ia berharap dengan adanya dukungan dari pendampingan untuk mempromosikan produk SOJI melalui media sosial berbasis Android kelompok usaha SOJI dapat meningkatkan omset penjualan produk olahan mereka.

“Dengan penuh harapan, semoga kegiatan ini bermanfaat, bisa meningkatkan produksi dan pemasaran Kelompok Usaha SOJI serta bisa menjadi kegiatan yang berkelanjutan,” harapnya.

Penyerahan mesin dilaksanakan pada hari Rabu (5/8/2020), dilanjutkan pelatihan pengoperasian mesin dan pelatihan pemasaran online berbasis Android yang diikuti mitra SOJI beserta karyawannya sebanyak 13 orang.

29 thoughts on “Pengabdian Masyarakat, Politeknik Pratama Mulia Suguhkan Inovasi Mesin Pengolah Ikan

  1. Semoga bermanfaat bagi masyarakat Tlogomojo Rembang dan mereka mampu menyebarluaskannya ke masyarakat di sekitarnya, dan semoga Politama semakin maju…..Politama jaya

  2. Sangat bermanfaat dan mampu membantu mitra UKM dalam mengembangkan usahanya. Sukses buat UKM dan P2M progdi Elektronika POLITAMA

  3. kegiatan pengabdian masyarakat sangat membantu UMKM untuk meningkatkan produktivitas usaha. Semoga kedepan Politama semakin maju aamiin

  4. Kegiatannya bagus, dan hasilnya sangat bermanfaat untuk masyarakat sasaran. Semoga ada keberlajutannya. Sukses selalu politama solo..

  5. Dengan adanya pengabdian masyarakat yg dilakukan oleh politeknik PRATAMA MULYA yg diketuai ibu Yaya saya rasa sangat membantu sekali.dimana yg tadinya warga mengulah produknya hanya dengan manual sehingga sangat menguras energi dan waktu belum lagi harus memasarkan produknya maka sangat kurang efektif dan efisien.sehingga sangat sulit bagi pengusaha kecil untuk berkembang lebih maju.tp dengan adanya bantuan mesin dari POLITAMA yg diketuai Bu Yaya maka sangatlah membantu..dari segi waktu warga lebih cepat produksinya..dari segi hasil selain lebih bagus juga lebih banyak dalam produksinya..dengan kemudahan tersebut maka produsen atau pengusaha akan semakin mudah mengembangkan usahanya apalagi dengan teknologi dan kcepatan produksinya bisa membantu warga kanan kiri untuk berkarya atau bisa bekerja dengan cara ikut memasarkan atau jadi pedagang asongan atau disetorkan kewarung atau toko..comment saya,pengabdian masyarakat POLITAMA oleh ibu Yaya dan team sangat membantu sekali bagi pengusaha kecil…lanjutkan

  6. Semoga ukm dapat memanfaatkan bantuan mesin TTG dengan maksimal sehingga dapat meningkatkan produksi yg berdampak pada peningkatan pendapatan.

  7. Sip. Politama semakin maju, menciptakan produk teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat. Sukses untuk Politama Surakarta.

  8. Meskipun dengan teknologi yg masih sederhana tetapi sudah sangat membantu produktivitas pengusaha kembangkan lagi dan tetap semangat meskipun tempatnya nan jauh di sana sukses selu

  9. Semoga produktivitas UMKM meningkat dg adanya kegiatan PKM ini. Dan semakin banyak produk PKM Politama yang bermanfaat bagi masyarakat luas. Bravo politama maju terus

  10. Selamat Progdi elektronika Politama yg selalu eksis dlm kegiatan kemitraan dng UMKM shg mampu menumbuhkan ekonomi kerakyatan LBH mantap

  11. Inovasi peralatan yg digunakan oleh UMKM dapat meningkatkan kuantitas&kualitas produksi.
    Pelatihan pemasaran berbasis android sebagai sarana promosi dapat meningkatkan penjualan. Semoga kedepannya semakin banyak UMKM yg terbantu dengan adanya program Pengabdian Masyarakat yg dilakukan oleh Politama. Sukses terus Politama

Comments are closed.