Bupati Klaten Serahkan Kartu Tani dan Bantuan Hibah

Bupati Klaten, Sri Mulyani saat panen raya tembakau di Desa Bero, Trucuk, Klaten. (Foto: Pemkab Klaten)

Trucuk-Bupati Klaten Sri Mulyani melaksanakan panen raya tembakau di Desa Bero, Trucuk, Klaten di hamparan pertanian seluas 100 hektar. Tak lupa sebagai bentuk peduli petani tembakau, orang nomor satu di Kabupaten Klaten ini juga menyerahkan hibah bagi petani tembakau berikut kartu tani untuk memudahkan akses pupuk bersubsidi.

Dengan kualitas tembakau yang bagus terlebih di musim kemarau, Bupati Klaten berharap petani bisa sejahtera dengan harga yang menguntungkan.

“Saya senang hasil panen tembakau tahun ini khususnya di Desa Bero, Trucuk sangat bagus. Dengan hasil begini saya berharap harganya juga bagus sehingga para petani bisa sejahtera” jelas Sri Mulyani seperti yang di release Pemkab Klaten.

Perhatikan Nasib Petani

Ia menambahkan kalau pemerintah sangat perhatian akan nasib petani. Tidak saja dengan fasilitas kartu tani agar para petani mudah mengakses pupuk subsidi juga pendampingan penyuluh termasuk hibah.

Buktinya kata Sri Mulyani, pemerintah melalui Dewan Penguru Cabang (DPC) Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Klaten, menyerahkan hibah senilai 250 juta. Sedangkan untuk Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) pemerintah juga menyalurkan bantuan senilai 200 Juta untuk digunakan membantu para petani.

Sunarto selaku Ketua DPC APTI Klaten mengatakan sangat mengapresiasi kepada pemerintah Kabupaten Klaten terlebih Dinas Pertanian yang dalam pengelolaan dana bagi hasil tembakau yang dilakukan sangat komunikatif. Harapannya pendampingan dan bantuan dana hibah bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan petani.

“Kami sebagai petani berterima kasih atas perhatian pemerintah baik lewat pendampingan, penyuluhan petugas dari Dinas Pertanian Klaten dan kartu tani. Bantuan semoga bermanfaat bagi petani, terutama mkenjaga ketersediaan pupuk “jelas Sunarto.