Kominfo Klaten Latih Kader PKK Operasikan Aplikasi SIAP

Puluah kader PKK belajar mengoprasikan aplikasi SIAP. (Foto: Pemkab Klaten)

Manisrenggo-Guna meningkatkan kemampuan pengurus Tim Penggerak (TP) PKK dalam bidang administrasi dan teknologi, seluruh ketua dan sekretaris Tim Penggerak PKK dari 26 kecamatan mengikuti sosialisasi dan pelatihan Sistem Informasi Administrasi dan Pelaporan (SIAP) PKK.

Kegiatan yang dilangsungkan di Pendopo Pemda Klaten tersebut diselenggarakan TP PKK Kabupaten Klaten bekerjasama dengan Dinas Komunikasi Informatika (Diskominfo) Klaten

Ketua TP PKK Klaten Atik Jaka Sawaldi menuturkan bahwa kegiatan ini diantaranya untuk memberikan bimbingan cara pendataan maupun adminstrasi kelompok PKK sesuai dengan ketentuan, sehingga dapat tercatat secara rutin dan benar.

Dikatakanya, bahwa segenap PKK harus beradaptasi dengan perkembangan teknologi.

“Kita dituntut untuk meyesuaikan diri dan selalu belajar untuk mengakrabi teknologi. Kaitannya dalam adminstrasi maupun pendataan dan pelaporan dengan sistem online” ujar Atik Jaka Sawaldi seperti yang di release Pemkab Klaten.

Adapun materi dalam pelatihan kali ini akan dijelaskan mengenai mekanisme dan cara input data di siap.pkk.klatenkab.go.id dengan menggunakan username dan password pada masing-masing desa atau kecamatan. Nantinya pihak desa dapat menginput data terkait pelaksanaan program secara online.

Selain materi teknis, turut dijelaskan mengenai administrasi pelaporan dan pendataan, cara pengisian buku wajib dan buku bantu. Dengan turut serta menghadirkan narasumber dari PKK Desa Jonggrangan yang sebelumnya telah berhasil meraih posisi pertama dalam hal tertib adminstrasi se Provinsi Jawa Tengah.

Siapkan SDM

Sementara itu, Kepala Bidang Informatika Diskominfo Klaten, Ali Surahmad menyebutkan bahwa setelah dilaunchingnya aplikasi SIAP PKK beberapa waktu lalu, kini dilakukan sosialisasi dan bimbingan teknis guna menyiapkan SDM untuk operasional sistem ini.

”Pada tahap ini masih sosialisasi, nanti akan dipaparkan mengenai tata cara penginputan data. Harapannya nanti peserta yang dari PKK Kecamatan ini turut dapat menyampaikan kepada tingkat desa. Kami dari Diskominfo siap mendukung dan mendampingi” jelasnya