Kinerja Keuangan Bank Klaten Makin Matang

Bupati Klaten Sri Mulyani saat menghadiri acara Gebyar Hadiah 2020 di Kantor Bank Klaten. (Foto: Pemkab Klaten)

Manisrenggo-Memasuki usia PT BPR Bank Klaten (Perseroda) yang kini sudah mencapai 69 tahun, berbagai capaian kinerja dan prestasi telah berhasil diraih oleh banknya ’Wong Klaten’ tersebut.

Hal tersebut tak terlepas dari segudang inovasi dari Bank Klaten dalam program dan pelayananya. Tak terkecuali pada situasi pandemi Covid-19 ini, Bank Klaten tetap menghadirkan pelayanan yang prima bagi masyarakat Klaten.

Bahkan bila dibandingkan dengan situasi sebelum pandemi (pada Desember 2019), capaian kinerja Bank Klaten justru mengalami peningkatan.

Bupati Klaten Sri Mulyani pun turut memberi apresiasi kepada salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Kabupaten Bersinar tersebut. Terlebih saat ini Bank Klaten tengah merayakan hari jadi yang ke 69 tahun.

“Alhamdulilah hari ini Bank Klaten merayakan hari jadi yang ke 69, doa terbaik selalu bagi Bank Klaten agar selalu memberikan pelayanan terbaik, selalu membawa berkah, dan membawa kesejahteraan bagi masyarakat Kabupaten Klaten” pesan Bupati Klaten Sri Mulyani seperti yang di release Pemkab Klaten.

Mengingat bahwa Covid-19 turut berdampak pada sektor ekonomi, dalam hal ini Bank Klaten turut berperan dalam membantu para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan mendorong roda perekonomian di Kabupaten Klaten.

Menyusun Kebijakan Strategis

Direktur Utama PT BPR Bank Klaten Tulus Yunianto menyebutkan bahwa beberapa langkah yang diambil Bank Klaten antara lain menyusun kebijakan strategis yang sesuai dengan kebijakan pemerintah dalam penanggulangan Covid-19. Selain itu turut mendorong UMKM agar dapat bergerak.

“Merelaksasi sebanyak 926 nasabah atau senilai 74,6 Miliar, dan mengajukan berbagai stimulus kepada pemerintah dalam bentuk subsidi bunga untuk UMKM terdampak Covid-19” jelas Tulus.

Dikatakannya, dari total kredit yang disalurkan pada masyarakat sebesar 176,802 Miliar, sebanyak 82% atau 144,9 Miliar adalah para pelaku UMKM atau sektor produktif. Selain itu turut diberikan penyaluran kredit subsidi bunga UMKM sebesar 4,59 Miliar kepada 267 UKM.

Terkait capaian perusahaan, Tulus mengungkapkan pada Juli 2020 mengalami peningkatan bila dibandingkan dengan Desember 2019. Disebutkan bahwa total aset tumbuh sebesar 34,32% atau menjadi 458,649 Miliar. Dana masyarakat yang dihimpun turut tumbuh sebesar 40,12% menjadi 414,118 Miliar dengan jumlah nasabah sebanyak 33.462 orang. Sementara itu untuk produk tabungan yaitu tabungan Semar dan Simba tercatat turut tumbuh.

Berbagai capaian kinerja dan inovasi dari Bank Klaten tersebut berhasil membuahkan prestasi yang membanggakan.

Prestasi yang mampu diraih antara lain dari Top Business dalam BUMD Award 2020, Bupati Klaten memperoleh penghargaan Top Pembina Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) atas kebijakan dan dukungan dalam penguatan BUMD terutama kebijakan KURDA dalam bentuk subsidi bunga UKM. Selain itu Bank Klaten juga sukses meraih Top BUMD predikat bintang empat dan Top CEO BUMD 2020.

”Secara keseluruhan kinerja keuangan PT BPR Bank Klaten (Perseroda) dalam kondisi baik dengan nilai tingkat kesehatan 94,8% (sehat)”ujar Direktur Utama BPR Bank Klaten Tulus Yunianto.

Dalam kegiatan ini turut diserahkan bantuan sosial bagi anak yatim, lansia, dan masyarakat yang kurang mampu.