75 Harapan untuk Indonesia dari Warga Perumahan Waru Surya

Warga Perumahan Waru Surya Indah yang berada di Jalan Mangesti Raya, Baki, Waru, Kabupaten Sukoharjo saat mengikuti upacara untuk memperingati HUT RI ke 75.

Baki-Tema besar HUT ke 75 Republik Indonesia yang ditetapkan oleh Pemerintah adalah Indonesia Maju, hal tersebut merupakan simbolisasi dari Indonesia yang mampu untuk memperkokoh kedaulatan, persatuan dan kesatuan Indonesia.

Bahwa makna kemerdekaan itu bukanlah hanya sekedar kata, yang masyarakat sangat susah menterjemahkan apa itu kemerdekaan, apalagi saat ini seluruh lapisan masyarakat sedang diuji dengan pandemi virus corona yang tidak kunjung ada penyelesaina secara konkrit oleh pemerintah, sehingga mempengaruhi segala aspek kehidupan masyarakat baik itu ekonomi, sosial, pendidikan, maupaun aspek kebudayaan, bahkan beberapa waktu yang lalu Plh Sekretaris Daerah Kabupaten Sukoharjo dalam surat edarannnya mengatakan melarang semua masyarakat untuk menggelar aneka kegiatan dan malam tirakatan untuk menyambut HUT ke 75 Republik Indonesia.

Melihat kondisi dan situsasi tersebut, maka Warga Perumahan Waru Surya Indah yang berada di Jalan Mangesti Raya, Baki, Waru, Kabupaten Sukoharjo yang terdiri dari hampir 70 kepala keluarga tersebut mengangap bahwa momentum HUT Kemerdekaan RI harus tetap diadakan meskipun hanya dengan kegiatan dan ekspresi kemerdekaan yang sederhana tapi penuh

Ketua Panitya, Albicia Hamzah mengatakan beberapa kegiatan yang diselenggarakan oleh warga perumahan tersebut adalah mengadakan malam perenungan kemerdekaan, dalam acara ini diikuti warga perumahan tersebut dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Pada acara tersebut juga disertai dengan menyalakan 75 obor sebagai representasi semangat optimisme dalam menyongsong Indonesia Maju,” jelasnya.

Acara selanjutnya adalah pada tanggal 17 Agustus 2020, warga mengadakan kegiatan penghormatan hari kemerdekaan Indonesia yang ke 75 tahun dengan inti acara yakni memasang 75 bendera merah putih di lokasi kegiatan dan menuliskan 75 harapan masyarakat tentang Indonesia dalam konteks Lokal dan Nasional.

“Konteks lokal disini adalah dalam menghadapi Pilkada Kabupaten Sukoharjo dan konteks nasional seperti pandemi, kebangsaan, nasionalisme maupun kondisi krisis global, kami tulis harapan kami disebuah kain sepanjang 75 meter,” katanya.

Kesempatan Berharap dan Bermimpi

Ia mengungkapkan ada sebagian masyarakat yang memaknai bahwa kemerdekaan adalah Kesempatan. Kesempatan untuk berharap dan bermimpi untuk kebaikan dan perbaikan bangsa Indonesia.

“Dan itulah bentuk ekspresi warga perumahan Waru Surya Indah, dalam menyambuat HUT ke 75 Republik Indonesia pada tahun ini,” katanya.