Pemimpin Muda Harus Punya Visi dan Misi

Ketua DPRD Klaten Hamenang Wajar Ismoyo saat di temui di ruang kerjanya. (Foto: Dok Pribadi)

Jatinom-Ketua DPRD Klaten Hamenang Wajar Ismoyo sebagai sosok pemimpin muda, menekankan kepada para pemuda milenial untuk memahami dan menentukan visi serta misi hidupnya secara jelas. Hal ini dinilai penting, agar generasi muda nantinya bisa menjadi pemimpin yang baik.

Menurutnya rencana hidup diperlukan secara detail karena hal tersebut bisa sebagai strategi yang merupakan penjabaran dari misi.

“Strategi kehidupan bersifat dinamis dan berkesinambungan. Artinya strategi kehidupan dapat berubah menyesuaikan dengan situasi & kondisi yang ada, serta perlu selalu dilakukan evaluasi dan perbaikan. (Planning dengan jadwal dan data yang jelas),” ungkpanya.

Generasi muda harus tahu tujuan akhir yang akan dicapai, dan tahu langkah-langkah apa yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan tersebut.

Ia menegaskan jika generasi milenial harus lebih adaptif terhadap perubahan zaman yang semakin cepat serta sulit diprediksi. “Terus belajar menambah Ilmu dan mengembangkan diri, menguasai dan manfaatkan IT secara bijak. Lebih fokus pada proses dan usaha, buka pada hasil semata. Pantang menyerah dan tetap tawakal,” bebernya

3 Pondasi Wajib

Ia mengemukakan, setidaknya terdapat 3 pondasi yang wajib dimiliki untuk membangun peran sebagai pemimpin yang baik. Yakni memahami dan menentukan visi serta misi kehidupan. menentukan rencana kehidupan, serta menentukan personal role hierarchy.

Terkait Personal Role Hierarchy, diartikan sebagai hierarki peran yang dimiliki setiap manusia berdasarkan keyakinan pribadinya masing-masing. Personal Role Hierarchy berfungsi sebagai pedoman dalam menghadapi konflik/permasalahan yang pasti dihadapi dalam kehidupan.

“Sebagai contoh, bila terjadi konflik peran antara sebagai seorang ayah dan peran sebagai anggota sebuah komunitas mana yang lebih prioritas dapat ditentukan secara tegas dengan adanya Personal Role Hierarchy,” jelas hamenang.

Terkait peluang dan tantangan menjadi pemimpin milenial masa depan, Hamenang menegaskan, bahwa generasi milenial harus berani mengambil peran untuk menjadi motor pembangunan, memimpin, melakukan perbaikan dan perubahan.

“Kaum milenial harus ambisius, berani bercita-cita besar dengan niat yang benar. Berani ambil resiko, karena resiko berbanding lurus dengan hasil. Juga harus selalu optimis, jangan kalah sebelum bertarung,” papar Hamenang.

Add Comment