12.000 Masker Untuk 12 Kecamatan Dalam Program Jaring Pengaman Ekonomi

Asisten 1 Sekda, Sukito menyerahkan secara simbolis masker untuk kecamatan kartosuro.(Foto: Pemkab Sukoharjo)

Kartasura-Sebanyak 12.000 masker program Jaring Pengaman Ekonomi (JPE) Provinsi Jawa Tengah diserahkan untuk 12 kecamatan di Sukoharjo. Penyerahan masker dilakukan di Ruang Rapat Wijaya 2 Gedung Menara Wijaya lantai 9. Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Asisten 1 Sekda, Sukito.

Dalam press release yang diterima dari Pemkab Sukoharjo, kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Sukoharjo, Proboningsih Dwi Danarti mengatakan, bantuan dalam bentuk Jaring Pengaman Ekonomi di Sukoharjo berupa kegiatan pemberdayaan ekonomi perempuan.

“Program ini bertujuan untuk meningkatkan produktifitas ekonomi perempuan rentan terdampak corona,” jelasnya.

Masker Buatan UMKM

Probo juga mengatakan, bentuk bantuan dan penerima manfaat adalah perempuan terdampak corona terdiri dari 23 kelompok atau 230 orang perempuan rentan yang belum menerima bantuan sejenis dari APBD Kabupaten, APBD Provinsi maupun APBN, dengan data yang sudah berkoordinasi dengan dinas terkait. Tiap kelompok kemudian memproduksi 1.500 masker sehingga dari 23 kelompok dihasilkan 34.500 masker.

“Bahan untuk pembuatan masker dibantu oleh Provinsi Jateng dan dalam pembuatan masker tersebut kelompok mendapat bantuan ongkos jahit Rp3.000 per masker sehingga tiap 10 orang akan mendapat Rp4,5 juta,” ujarnya.

Hasil pembuatan masker sendiri, ujar Probom 20% atau 6.900 masker untuk Provinsi Jateng diserahkan tanggal 28 Mei 2020, 40% atau 13.800 masker untuk Kabupaten Sukoharjo yang didistribusikan pada 12 camat sebanyak 12.000 masker dan 1.800 masker untuk Balai Penyuluh KB. Sedangkan yang 40% atau 13.000 masker untuk anggota 23 kelompok sendiri.

Sedangkan Asisten 1 Sekda, Sukito berharap masker yang diberikan untuk tiap kecamatan dapat bermanfaat dalam rangka penanggulangan pandemi corona di Kabupaten Sukoharjo. “Pemakaian masker merupakan salah satu upaya pencegahan penyebaran virus corona,” ujarnya.