Kuliah Daring, Politama Surakarta Beri Subsidi Potongan SPP Bagi Mahasiswa

Laweyan – Pandemi Covid-19 yang sedang terjadi di seluruh dunia, juga di Indonesia membawa dampak pada berbagai aspek kehidupan sosial masyarakat, termasuk pada perguruan tinggi, khususnya dalam perkuliahan. Karena sifat penularannya yang sangat cepat dan belum ditemukan obatnya, maka upaya pencegahan penularan sesuai anjuran pemerintah adalah social distancing.

Bagi perguruan tinggi, dengan kebijakan social distancing ini, berakibat berubahnya metode pembelajaran dari tatap muka menjadi  metode jarak jauh, atau pembelajaran daring dengan berbagai platform yang sudah ada seperti  Edlink, google classroom, Whatsapp group, dan lain-lain. Konsekuensi dari pembelajaran daring adanya wajib tersedianya internet bagi mahasiswa, dengan kata lain meningkatnya kebutuhan pulsa atau kuota para mahasiswa.

Menanggapi pembelajaran daring, Politeknik Pratama Mulia (Politama) Surakarta menetapkan kebijakan berupa pemberian subsidi kuota melalui potongan biaya SPP kepada mahasiswa selama Maret-April 2020. Kebijakan subsidi kuota ini merupakan tindak lanjut dari aspirasi yang disampaikan oleh perwakilan mahasiswa (BLM Politama) tentang pembelajaran daring yang telah berlangsung dari tanggal 16-28 Maret 2020.

Terkait dengan kebijakan ini, Direktur Politeknik Pratama Mulia Surakarta, Drs. Sunaryo, S.T.,M.T., menjelaskan bahwa pihaknya telah mengeluarkan pengumuman resmi terkait dengan adanya subsidi dari kampus untuk para mahasiswa, tertanggal 3 April 2020.

“Kebijakan ini diambil berawal dari keluhan mahasiswa, yang menyampaikan bahwa kuota internet boros sejak diberlakukannya kuliah dengan sistem daring, akibat dari Covid-19 ini,” ujarnya.

Dari keterangan tertulis Humas Politama Surakarta, selain subsidi kuota kepada mahasiswa, menanggapi situasi pandemi Covid-19 ini, Politama Surakarta juga sudah menyelenggarakan berbagai diskusi bagi para dosen untuk meningkatkan kualiatas perkuliahan daring. Perubahan kalender akademik semester genap 2019/2020 juga sudah ditetapkan, dan akan disesuaikan dengan perkembangan situasi.

Pendaftaran bagi calon mahasiswa juga menyesuaikan, dapat dilakukan dari rumah secara online. Politama Surakarta telah membuka pendaftaran kuliah Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2020/2021. Terdapat tiga jalur kuliah yang dapat dipilih  oleh calon mahasiswa, yaitu: (1) Reguler Pagi, (2) Reguler Malam, dan (3) Beasiswa (KIP Bidikmisi, Yatim dan Prestasi). Informasi lebih lanjut terkait pendaftaran mahasiswa baru dapat menghubungi  nomor (WA): 081215508148.