Politama Surakarta Gandeng PSA Bocah Pintar dan Pemdes Manjung, Beri Pelatihan Wirausaha Ibu-ibu Muda

Pelatihan Wirausaha yang didakan oleh Politama Surakarta bersama PSA Bocah Pintar dan Pemdes Desa Manjung. (Foto: Humas Politama Surakarta)

Manjung, Wonogiri – Humas Politeknik Pratama Mulia (Politama) Surakarta bersinergi dengan Pemerintah Desa Manjung dan Pusat Studi Anak (PSA) Bocah Pintar menyelenggarakan pelatihan bisnis bagi Kelompok Keluarga Sakinah (KKS) yang ada di Desa Manjung, Wonogiri, Rabu (26/2/2020). Kegiatan yang diadakan di Ruang Pertemuan Desa Manjung tersebut mengusung tema “Melejitkan Pemasaran Produk”.

Dalam keterangan yang diperoleh dari Humas Politama Surakarta, KKS merupakan wadah berkumpulnya ibu-ibu muda produktif di Desa Manjung, yang membutuhkan dukungan untuk mengembangkan usahanya. Anggotanya sebagian besar sudah memiliki usaha maupun sedang dalam tahap merintis usaha.

Dengan demikian, pihak penyelenggara pelatihan bermaksud memberikan motivasi kepada para anggota dalam berwirausaha, termasuk melatih keterampilan pengemasan produk dan cara pemasarannya. Materi yang diberikan dalam pelatihan tersebut terdiri dari tiga bagian: pertama, bagaimana menjadi perempuan sukses dengan berwirausaha; kedua, bagaimana membuat produk yang menarik dan memiliki daya jual; dan ketiga, bagaimana memasarkan produk.

Kepala Desa Manjung, Hartono, saat membuka acara menyampaikan bahwa pelatihan yang diselenggarakan tersebut sejalan dengan program desa. Dirinya kemudian mengimbau kepada para peserta untuk bersungguh-sungguh dalam mengikuti pelatihan, sehingga bisa dipraktikkan agar usaha yang dimiliki bisa lebih maju.

Pelatihan ini diikuti sebanyak 21 peserta dari ibu-ibu anggota KKS Desa Manjung. Para peserta pun terlihat antusias mengikuti jalannya acara, salah satunya Endang. Ia berharap, pelatihan ini dapat membawa manfaat bagi kemajuan usahanya. “Pelatihan ini bermanfaat bagi saya. Saya jadi lebih percaya diri untuk menawarkan produk dan saya menjadi lebih bersemangat,” ungkapnya.