Karanganyar Menuju Destinasi Wisata Pertanian

Bupati Juliyatmono berfoto bersama kelompok petani Kabupaten Karanganyar. (Foto: Pemkab Karanganyar)

Bejen, Karanganyar – Kabupaten Karanganyar dikaruniai sektor pertanian yang melimpah. Potensi ini diharapkan terus berkembang dan menjadi destinasi wisata pertanian.

Hal ini disampaikan Bupati Karanganyar, Juliyatmono, dalam pembinaan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Kabupaten Karangnayar di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Kamis (12/3/2020). Hasil pertanian di Bumi Intanpari, sebutnya, sangat melimpah dari mulai sayuran, buah, empon-empon, hingga beras.

“Semoga ini dapat maju menjadi destinasi wisata pertanian di Karanganyar,” kata bupati, melalui keterangan tertulis dalam website Pemkab Karanganyar.

Ditambahkannya, apalagi saat mewabahnya virus korona seperti yang terjadi saat ini membuat sektor pertanian seperti empon-empon menjadi laku di dalam negeri dan menjadi ketahanan pangan sendiri. Dirinya mengimbau agar para petani dapat memaksimalkan potensi lahan dengan baik.

Terutama karena di beberapa daerah di Karanganyar merupakan sumber air. Pihaknya pun siap mendukung dengan bantuan pompa air bagi daerah-daerah lain untuk meningkatkan produksi pertanian. “Manfaatkan tegalan untuk pertanian. Selain padi, pekarangan juga digunakan untuk menanam tanaman apotek hidup,” pesannya.

Targetkan Kunjungan Wisata pada 2020

Bersamaan dengan datangnya harapan untuk menjadikan Karanganyar sebagai destinasi wisata pertanian, Pemkab Karanganyar saat ini memang tengah menargetkan kunjungan wisatawan pada 2020. Jumlah kunjungan wisatawan di Karanganyar pada 2019 mencapai tiga juta orang, sedangkan tahun ini ditargetkan mencapai 3,5 juta orang.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karanganyar, Titis Sri Jawato mengatakan, Pemkab Karanganyar tetap menjadikan sektor pariwisata sebagai unggulan pembangunan karena karakteristiknya yang berbeda dengan daerah dan kota lain di kawasan Solo Raya. Karanganyar memiliki daerah pegunungan dengan panorama dan udara sejuk yang indah, sehingga menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung.

Pihaknya terus menggalakkan promosi untuk memperkenalkan objek dan destinasi pariwisata yang ada di Karanganyar. Wisatawan kebanyakan berkunjung di daerah objek wisata Ngargoyoso dan Tawangmangu karena objeknya terus bertambah.

“Pemkab terus mengembangkan objek Ngargoyoso, termasuk wisata paralayang di kawasan kebun teh Kemuning. Kami sedang melaksanakan pelatihan pemandu paralayang bersertifikat, sehingga wisatawan merasakan kenyamanan dan aman dalam pelayanan,” terangnya.