Guru MGBK Demak Belajar Sekolah Menyenangkan di Kampus UMS

Para guru yang tergabung dalam Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) Kabupaten Demak berkunjung ke Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Selasa (28/1/2020). (Foto: Humas UMS)

Kartasura – Para guru yang tergabung dalam Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) Kabupaten Demak berkunjung ke Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Selasa (28/1/2020).

Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk belajar tentang bagaimana mengelola sekolah yang menyenangkan. Selain tentunya, ingin mengetahui tentang pendaftaran mahasiswa di kampus UMS.

Dalam kesempatan tersbut mereka mendapatkan materi dari Taufik, S.PSi., M.Si., Ph.D. Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Pengkaderan dengan tema “Sekolah yang Menyenangkan dengan Strategi IKIGAI” bertempat di Ruang Sidang BPH lantai 6 Gedung Induk Siti Walidah UMS.

Sebanyak 37 anggota MGBK Demak yang berkunjung, mengikuti materi konsep IKIGAI. “Konsep IKIGAI berasal dari Okinawa, Jepang. IKIGAI itu bahasa Jepang, berasa dari kata IKI yang artinya nilai, GAI berarti kehidupan,” kata Taufiq.

Konsep memaknai nilai kehidupan IKIGAI

Taufik mengatakan, IKIGAI merupakan konsep yang memaknai nilai kehidupan agar selalu diberi kebahagiaan dalam menjalani kehidupan.

“Bapak Ibu selaku guru BK, setiap harinya ke sekolah, cobalah cari makna kehidupan dan cari hal apa yang membuat bapak – ibu bahagia, sekecil apapun,” ujarnya saat memotivasi para guru BK tersebut.