Siapkan SDM Unggul, Bupati Karanganyar: Membaca Membuka Pintu Kesuksesan

Penyerahan plakat BI corner kepada Bupati Karanganyar, Kamis (7/11/2019). (Foto: Diskominfo Karanganyar)

Karanganyar  – Bupati Karanganyar, Juliyatmono meresmikan BI Corner di Dinas Arsip dan Perpustakaan (Disarpus) Karanganyar, Kamis (7/11/2019). Peresmian BI Corner di Disarpus Karanganyar turut pula dihadiri Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Solo, Bambang Pramono. Dalam kesempatan itu pula diresmikan pembukaan acara Festival Buku Karanganyar untuk memyambut Hari Jadi Karanganyar ke-102.

Pembukaan BI Corner dianggap Bupati sebagai media untuk turut menggelorakan kembali ketertarikan dan pentingnya membaca buku, juga sebagai peningkat SDM unggul masyarakat. Fasilitas yang diupayakan oleh pemerintah salah satunya dengan melakukan penataan di Disarpus Karanganyar agar menjadi tempat yang nyaman bagi masyarakat. Selain melakukan penataan dan penambahan fasilitas di Disarpus, Juliyatmono berkata bahwa tidak menutup kemungkinan meletakan pojok baca di tempat pelayan publik. Bupati juga berharap agar kegiatan membaca buku dapat menjadi tradisi masyarakat di Kabupaten Karanganyar.

“Semakin banyak membaca, pintu sukses akan terbuka. Gunakan tempat ini untuk membaca, berdiskusi. Membaca sama dengan mengolah data, kalau data yang diperoleh semakin banyak, outputnya juga akan bagus,” ungkap Bupati, seperti dikutip dari situs Pemerintah Kabupaten Karanganyar.

Perpustakaan Harus Nyaman dan Representatif

Sekretaris Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jateng, Sapta Hermawati menegaskan, perpustakaan memiliki peran vital dalam meningkatan SDM. Mengingat perpustakaan menjadi tempat pengumpulan sumber informasi, ilmu pengetahuan serta pusat kegiatan masyarakat setempat. Sebab itu, penting untuk mengenalkan perpustakaan yang sudah didesain senyaman mungkin dan representatif kepada masyarakat, yang merupakan upaya menjadikan membaca sebagai tradisi bagi masyarakat.

“Perpustakaan yang hebat bukan hanya gedungnya yang megah tapi perpustakaan hebat itu bagaimana dapat mengubah cara pandang masyarakat untuk meningkatkan kualitas masyarakat,” ungkapnya.

Kepala Disarpus Karanganyar, Bambang Harsono mengungkapkan, kegiatan yang dilakukan Pemkab Karanganyar juga dalam rangka menyongsong Hari Jadi ke-102 Kabupaten Karanganyar. Mengambil tema Mewujudkan Karanganyar Maju berintegritas dengan Membaca Buku, ia berharap dapat memotivasi gerakan gemar membaca dan mendekatkan masyarakat untuk mencintai buku.

Sebagai bentuk kepedulian Bank Indonesia terhadap dunia pendidikan dan sekaligus untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat, khususnya generasi muda terkait ekonomi, keuangan dan termasuk peranan BI di dalamnya maka dikembangkan program yang disebut dengan BI Corner. Implementasi program ini dilakukan dengan bekerja sama dengan Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia (YPPI).

Bambang Pramono, selaku Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Solo, berharap agar BI mampu meningkatkan SDM unggul di masyarakat. “Kita ingin membantu pemerintah dalam meningkatkan sarana dan prasarana yang ada di daerah-daerah,” tuturnya.

BI Corner bertujuan yang bertujuan untuk memberikan akses dan perolehan informasi atau literatur terkini yang berkualitas baik dari dalam maupun luar negeri, terutama di bidang ekonomi dan keuangan; mengenalkan dan memberi pemahaman kepada masyarakat penerima manfaat BI Corner akan tugas dan peran Bank Indonesia dalam perekonomian Indonesia, serta menciptakan komunitas berliterasi keuangan dan generasi yang gemar membaca itu juga menyediakan rak buku, tv, komputer serta sofa. Selanjutnya terkait pengelolaan dan pemeliharaan akan diserahkan kepada Disarpus Karanganyar. “Apa yang sudah kami berikan akan terus dievaluasi (pengelolaannya),” pungkas Bambang.

Add Comment