Peringati Hari Kesehatan Nasional, Dinkes Surakarta Imbau Cerdas Gunakan Obat

Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-55 di Car Free Day Ngarsopuro, Minggu (3/11/2019). (Foto: Pemkot Surakarta)

Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional yang jatuh setiap tanggal 12 November, Pemerintah Kota Surakarta dalam hal ini Dinas Kesehatan menggelar acara Deklarasi Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (Gema Cermat). Deklarasi tersebut diikuti oleh ratusan peserta mulai dari masyarakat, Ikatan Dokter Indonesia, apoteker, farmasi, akademisi, perwakilan puskesmas, kader kesehatan serta rumah sakit, jajaran perangkat daerah Surakarta, di kegiatan Car Free Day Ngarsopuro, Minggu (3/11/2019).

Wakil Walikota Surakarta, Achmad Purnomo dalam sambutannya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran tentang pentingnya penggunaan obat secara benar. Dilansir dari situs resmi Pemerintah Kabupaten Surakarta, Achmad berharap masyarakat dapat berupaya mewujudkan kepedulian, kesadaran, pemahaman dan keterampilan dalam menggunakan obat secara tepat dan benar bersama pemerintah.

Pemerintah Kota Surakarta juga mendorong masyarakat untuk mewujudkan perilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari, hal itu mampu membuat masalah kesehatan dapat ditangani yang pada akhirnya akan mengurangi resiko penyakit dan kematian. Perilaku hidup bersih dan sehat dapat diwujudkan melalui pemilihan makanan yang bergizi dan bersih, pemeliharan lingkungan bersih, pengelolaan sampah dan membiasakan diri untuk berolahraga.

Wujudkan Generasi Sehat

Momentum Hari Kesehatan Nasional merupakan pengingat publik bahwa derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya akan terwujud, apabila semua komponen bangsa, masyarakat, organisasi kemasyarakatan,  serta swasta berperan dalam upaya kesehatan, dengan lebih memprioritaskan promotif-preventif dan semakin menggalakkan serta melembagakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), tanpa mengabaikan kuratif-rehabilitatif.

Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) biasa disambut dengan beragam rangkaian kegiatan kesehatan baik di pusat maupun daerah. HKN  tahun 2019 adalah HKN yang ke-55 dengan tema “Generasi Sehat, Indonesia Unggul”. Sejalan dengan tujuan Hari Kesehatan Nasional yang mengajak masyarakat agar memiliki budaya hidup sehat dan meninggalkan kebiasaan atau perilaku yang kurang sehat, Kepala Dinas Surakarta turut menghimbau kepada masyarakat agar dapat melakukan olahraga secara teratur. Melakukan aktifitas fisik secara teratur minimal 30 menit setiap hari. Makan sayur dan buah setiap hari, kemudian yang terakhir adalah cek kesehatan secara teratur.

Pada rangkaian kegiatan peringatan HKN tersebut, Pemerintah Kota membuka pelayanan kesehatan bagi masyarakat Solo dengan menghadirkan beberapa orang tenaga medis (dokter) serta 1 unit ambulance yang dilengkapi dengan peralatan medis dan obat-obatannya. Bentuk pelayanan yang dilakukan pun beragam meliputi pengecekan tensi darah, cek gula darah, cek kesehatan mata, serta konsultasi kesehatan dengan tim medis. Masyarakat bisa berkonsultasi kesehatan pada secara gratis dengan tenaga medis yang berkompeten di bidangnya. Kegiatan ini diharapkan bisa membantu masyarakat untuk mengetahui kondisi kesehatannya.