Pemkab Klaten Incar Piala Adipura 2019

Optimalisasi Kinerja Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kebupaten Klaten di Hotel Crystal Lotus Yogyakarta, Rabu (6/11/2019). (Foto: Pemkab Klaten)

Yogyakarta – Pernah mendapat penghargaan Adipura tahun 2016, Pemerintah Kabupaten Klaten kembali ingin meraih penghargaan bergengsi tersebut di tahun ini. Sejumlah persiapan dilaksanakan salah satunya pada acara Optimalisasi Kinerja Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kebupaten Klaten sebagai strategi pemerintah melalui upacara di Hotel Crystal Lotus Yogyakarta, Rabu (6/11/2019).

Adipura merupakan sebuah penghargaan yang diselenggarakan oleh Kementerian Negara Lingkungan Hidup bagi kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan. Selain memperingati HUT Dharma Wanita ke-20 dan sebagai peningkatan kualitas anggota Dharma Wanita, juga mendukung program pemerintah kabupaten Klaten, acara capacity buliding ini bertujuan untuk membangun silaturahim dan rasa kekompakan.

Acara tersebut mendatangkan motivator Eko Suseno. Eko memberikan motivasi mengenai bagaimana cara bergaul dengan sesama anggota organisasi dengan strategi yang diistilahkan Eko dengan STMJ; Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun, Sayang, Tolong, Terima Kasih dibungkus dengan Tulus, selalu berkata maaf jika salah dan jujur. Menariknya, Eko juga memberikan cara bagaimana mengelola keuangan keluarga dengan baik dan benar.

Optimalisasi Kinerja Dharma Wanita Persatuan Kebupaten Klaten merupakan strategi pemerintah dengan melalui adanya upacara, administrasi kependudukan kerjasama dengan Dukcapil, promosi hasil usaha DWP, pendidikan keluarga dengan dinas Pendidikan, sosialisasi minim sampah, bakti sosial dan donor darah. Dijelaskan Ketua Pelaksana DWP Kabupaten Klaten Hj. Atik Jaka Sawaldi, sebagaimana dilansir oleh situs Pemkab Klaten, terkhusus dalam pelaksanaan kegiatan terkait mengurangi sampah, adalah dukungan kepada daerah agar Klaten kembali meraih Adipura dan dukungan agar Klaten menjadi kota bunga sejuta warna.

Kerahkan Tim Sapu Jagat

Upaya Pemkab Klaten dalam meraih Piala Adipura memang tidak bisa dipisahkan dari tim sapu jagat dan petugas taman. Terlebih lagi setiap harinya mereka bertanggungjawab terhadap kebersihan Kota Klaten. Apresiasi yang datang dari Kepala Bagian (Kabag) Humas Setda Klaten Wahyudi Martono dikarenakan atas kinerja para petugas penyapu jalan selama ini. Termasuk terus memberikan dukungan dan semangat dalam melaksanakan tugasnya.

Dukungan dari tim sapu jagat dan petugas taman dinilai menjadi salah satu faktor penentu bagi mimpi Klaten untuk meraih Adipura pada tahun ini. Harapan untuk meraih piala Adipura semakin menguat terlebih Klaten sudah lama tidak mendapatkan penghargaan di bidang kebersihan tersebut. Maka dari itu, digelar sebuah sarasehan yang diadakan sebagai bagian dari kegiatan bersilaturahmi dengan petugas taman dan penyapu jalan.

“Sesuai arahan dari ibu bupati agar setiap organisasi perangkat daerah (OPD) untuk berkontribusi dalam meraih Piala Adipura. Apalagi sebagian petugas taman dan penyapu jalan ini juga berkantor di belakang Kantor Bagian Humas Setda Klaten,” ucap Wahyudi. Ia juga mempersilakan para petugas taman dan penyapu jalan untuk menyampaikan pengalamannya selama menjalankan tugasnya. Di akhir, seluruh petugas sepakat dan mendukung penuh apa yang menjadi target bupati dalam mendapatkan Piala Adipura tersebut.