Pemkab Karanganyar Siapkan SDM Unggul dalam Wirausaha

Penandatanganan Perjanjian kerja sama pelatihan wirausaha mandiri bengkel sepeda motor antara Baznas dengan UPT, Kamis, (3/10/19). (Foto: Humas Karanganyar)

Karanganyar – Sejumlah 16 peserta dari empat Kecamatan Jatipuro, Jatiyoso, Jumapolo, Jumantono ikuti pelatihan wirausaha mandiri Kerjasama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dengan UPT Balai Latihan Kerja Kabupaten Karanganyar. Pelatihan selama 20 hari ini resmi dibuka di Aula Balai Latihan Kerja (BLK) Karanganyar, Kamis (31/10/19).

Pelatihan wirausaha mandiri mempersiapkan ketrampilan otomotif khususnya bengkel sepeda motor. Sunarto. M.M Kepala Upt. BLK Karanganyar, sebagaimana dilansir dari laman resmi Pemerintah Kabupaten Karanganyar, berharap jika peserta pelatihan bengkel sepeda motor kali tersebut bisa meniru semangat peserta pelatihan sebelumnya agar bisa segera menyerap ilmu yang diajarkan dan segera bisa membuka usaha mandiri pasca pelatihan. Tak hanya ketrampilan bengkel sepeda motor, ke depannya akan diadakan juga pelatihan ketrampilan las listrik.

Selain mendapat materi secara teori maupun praktek dari instruktur yang berkompeten, peserta juga mendapatkan materi motivasi dari motivator-motivator yang sukses di bidang bisnis dan usaha. Kegiatan ini pula merupakan salah satu usaha Baznas dalam mewujudkan program Bupati Karanganyar dalam menciptakan 10.000 peluang usaha bagi warga Karanganyar. Inisiasi ini sangat di apresiasi oleh pemerintah, sinergi antara Baznas, Disperindagkop dan Balai Latihan Kerja yang baik akan menghasilkan SDM yang unggul dalam berwirausaha.

Sasar Kancah Internasional

Rumah Dinas Bupati Karanganyar menjadi tempat dihelatnya kegiatan galang UKM dengan format roadshow yang menghadirkan Founder dan Chairman (ICSB) Indonesia, Hermawan Kartajaya, Kamis, (31/10/2019). Dengan mengusung tema, menuju UKM brilian yakni kreatif, inovatif dan kompetitif Hermawan berharap agar UKM di Indonesia, khususnya Karanganyar punya daya saing tinggi dan tampil percaya diri. “Sudah tidak waktunya bersaing dengan dalam negeri, harus ke luar negeri atau internasional. Saya yakin UKM di Karanganyar mampu,” ujar Hermawan Kertajaya saat memberikan seminar dan roadshow UKM terbesar di Indonesia yang diselenggarakan di rumah dinas Bupati Karanganyar, (31/10).

Galang UKM dengan format roadshow yang digelar di Karanganyar sebagai kota ke 17 tersebut mengusung tiga agenda utama. Yakni pemberian penghargaan, apreasiasi dari ICSB Indonesia Award yang mendukung dan berkontribusi positif terhadap kemajuan UKM di Indonesia, dan seminar UKM untuk memberikan wawasan kepada UKM agar terus memperbaiki diri dan bersemangat.

Bupati Karanganyar Juliyatmono berharap UKM di bumi intanpari terus maju dan mempunyai daya saing yang tinggi. Jika jatuh, bangun, jatuh bangun terus demikian akan membuat wirausahaan lebih sukses. “Saya yakin UKM Karanganyar akan lebih baik dan maju lagi,” tandasnya.