Lagi, UNS Jalin Kerjasama dengan Pemkab Sragen

Penandatanganan nota kesepahaman antara UNS dengan Direktur PT Ndayu Alam Asri Sragen (Ndayu Park Bitec), Pendopo Ndayu Alam Asri Sragen, Kamis (7/11/2019).(Foto: Humas UNS)

Sragen – Dinilai siap mewujudkan Tridarma Perguruan Tinggi, Universitas Sebelas Maret (UNS) kini menggandeng PT Ndayu Alam Asri Sragen sebagai sarana untuk melakukan pengabdian masyarakat dan pengembangan SDM. Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho menandatangani nota kerjasama dengan Direktur PT Ndayu Alam Asri Sragen (Ndayu Park Bitec), Untung Wibowo Sukowati. Penandatanganan nota kerjasama dilakukan di Pendopo Ndayu Alam Asri Sragen (Ndayu Park Bitec) dan disaksikan oleh Jajaran pimpinan Universitas serta Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati, Kamis (7/11/2019).

Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi kerjasama yang didesain oleh UNS dan pengelola Ndayu Park. Ia juga mengungkap bahwa Ndayu Park Bitec memiliki tempat yang strategis untuk bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Prof. Jamal juga berharap untuk segera menindaklanjuti kerjasama tersebut, sehingga tidak hanya penandatanganan saja, namun harus segera dilaksanakan dan direalisasikan untuk segera berkolaborasi antara UNS dan PT Ndayu Park Bitec. “Karena di Ndayu Alam terbuka juga untuk pendidikan di alam tertutup. Mungkin ke depannya bisa dirancang kelas pascasarjana di tempat ini, riset-riset kolaborasi UNS dengan PT Ndayu Park Bitec sekiranya bisa disini dan pengabdian kepada masyarakat oleh akademisi UNS dengan masyarakat Sragen,” imbuh Prof. Jamal, dikutip dari situs resmi UNS.

Merajut Sinergi

Keterkaitan antara pendidikan tinggi dan pemerintah daerah dapat dilihat dari dua sisi, di satu sisi, pendidikan tinggi dapat berperan menunjang upaya pemerintah daerah dalam pengembangan berbagai sektor pembangunan daerah, terutama sektor-sektor ekonomi, sosial, dan budaya. Dalam hal ini, tentunya dengan memperhatikan perioritas kebutuhan dan potensi unggulan daerah yang bersangkutan. Pada sisi lain, pemerintah daerah dapat berperan menunjang pengembangan pendidikan tinggi, khususnya kegiatan perguruan tinggi di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Posisi pemerintah daerah (Pemda) di tingkat kabupaten dan kota menjadi sangat strategis dan merupakan kunci, karena sebagian besar layanan masyarakat menjadi domainnya. Pemda kiwari menjadi ujung tombak paling depan dalam perubahan sosial masyarakat. Untuk itu, perguruan tinggi (PT) yang merupakan domain pemerintah pusat, perlu proaktif untuk melakukan sinergi dengan Pemda sehingga mampu memupus kesan menara gading dan mendekat dengan realitas kemasyarakatan. Jika PT mampu berkolaborasi dengan Pemda, sejatinya menjadi awal untuk memastikan berfungsinya Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Ndayu Park merupakan arena wisata yang di dalamnya menyuguhkan berbagai hiburan, seperti hutan kota, kolam renang, kebun binatang mini, serta berbagai wahana permainan. Dengan adanya kerjasama antar kedua belah pihak, Bupati Sragen, dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati berharap agar Pemerintah Daerah (Pemda) Sragen, UNS, dan PT Ndayu Park Bitec bisa bersinergi untuk mewujudkan cita-cita Sragen dengan angkatan kerja yang mempunyai skill sehingga nantinya masyarakat bisa bersaing dan berkompetisi. “Pemerintahan Daerah akan selalu melakukan pendampingan terkait kolaborasi ini agar bisa mewujudkan Kota Sragen lebih baik lagi,” kata Kusdinar Untung Yuni Sukowati.

Add Comment