Kabupaten Sragen Raih Penghargaan WTN 2019 dari Kemenhub

Foto: Humas Sragen

Jakarta – Kabupaten Sragen meraih penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) 2019 dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dalam rangka peringatan Hari Perhubungan Nasional 2019. Penghargaan secara simbolis diserahkan langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya kepada Wakil Bupati Sragen Dedy Endriyatno di Jakarta Convention Center (JCC), Minggu (15/9/2019).

Penghargaan WTN diberikan bagi pemerintah provinsi, kabupaten, dan operator transportasi yang mampu menata transportasi dan fasilitas publik dengan baik. Dalam keterangan tertulis di laman resmi Pemkab Sragen, Wabup berharap, penghargaan ini akan semakin mendorong pemkab untuk meningkatkan kualitas pada layanan transportasi.

“Semoga Pemkab dan Polres Sragen kian terpacu untuk meningkatkan kualitas layanan, terutama menyangkut masalah lalu lintas dan sarana prasarana pendukung keselamatan dan kenyamanan berlulintas,” ujar Wabup.

Dijelaskannya, penganugerahan WTN tingkat nasional yang diserahkan tahun 2019 ini merupakan hasil penilaian tertib lalu lintas dan angkutan transportasi yang dilakukan selama dua tahun sekali, yaitu tahun 2018 dan 2019. “Sragen tahun ini berhasil mendapatkan penghargaan WTN dalam hal transportasi termasuk parkiran, angkutan orang dengan barang,” terangnya.

Sekretaris Dishub Sragen Darmawan mengatakan, peraihan penghargaan WTN ini merupakan bentuk apresiasi terhadap kinerja yang baik. Hal itu mendorong pihak Dishub untuk bekerja lebih baik lagi dalam hal pelayanan publik. “Ke depan, dishub harus bisa lebih baik lagi. Tidak boleh berpuas diri dengan pencapaian ini,” katanya.

Upaya Pembinaan

Penilaian Penghargaan Wahana Tata Nugraha pada tahun ini diselenggarakan selama 5 (lima) hari yang dimulai pada tanggal 22 s.d 26 April 2019 kepada 152 Kabupaten/Kota. Adapun anggota tim penilai Penghargaan WTN 2019 ini merupakan perwakilan dari Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, Kementerian Dalam Negeri, Akademisi dan Pakar Transportasi.

Penganugerahan WTN yang diselenggarakan di Jakarta pada Minggu (15/9/2019) ini diberikan kepada 92 pemerintah daerah. Menhub Budi menuturkan bahwa penyerahan penghargaan ini merupakan upaya pembinaan dari Kementerian Perhubungan kepada Pemerintah Daerah agar memenuhi kriteria bagi penyelenggaraan pelayan transportasi dan fasilitas publik.

“Sejauh ini apa yang kita lakukan relatif cukup baik dan oleh karenanya dengan upaya memberikan evaluasi setelah dua tahun, ini menunjukkan peningkatan kinerja di setiap Provinsi Kabupaten Kota. Peningkatan ini penting, karena ekspektasi Pak Presiden bahwa kinerja kota-kota ini harus didukung dan didorong dengan suatu mekanisme dan evaluasi,” pungkas Menhub.

Selain penganugerahan penghargaan Wahana Tata Nugraha, Kementerian Perhubungan juga memberikan Penganugerahan Bidang Transportasi Darat Tahun 2019 dengan kategori diantaranya adalah pemilihan Abdiyasa Teladan Tahun 2019 yang diserahkan kepada 4 orang pengemudi / awak kendaraan angkutan umum, Penghargaan Angkutan Orang terbaik Tahun 2019 yang diserahkan kepada 9 perusahaan, Penghargaan Angkutan Barang terbaik Tahun 2019 yang diserahkan kepada 9 perusahaan, serta Penghargaan Angkutan Penyeberangan yang diserahkan kepada 3 perusahaan.

Add Comment