Ribuan Buruh dan Bupati Sukoharjo Senam Bareng, Meriahkan Peringatan May Day

Ribuan Buruh dan Bupati Sukoharjo memadati halaman Setda Kabupaten Sukoharjo untuk melakukan senam bersama, Rabu (1/5/2019). Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional. (Foto: portal.sukoharjokab.go.id)

Sukoharjo – Hari Buruh yang diperingati setiap tanggal 1 Mei kerap diwarnai aksi demonstrasi di berbagai daerah. Namun hari buruh kali ini di Sukoharjo cukup berbeda. Pemerintah Kabupaten Sukoharjo bersama dengan Serikat Pekerja Sukoharjo sepakat menggelar aksi damai dengan mengundang ribuan buruh untuk bersenang-senang.

Ribuan buruh se-Kabupaten Sukoharjo memadati halaman Setda Kabupaten Sukoharjo untuk melakukan senam pagi bersama bupati beserta jajaran Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah). Para buruh yang datang sejak pagi diajak senam maumere, dilanjutkan dengan pembagian doorprize dengan dilengkapi hiburan dangdut.

Dalam peringatan May Day kali ini yang bertemakan “May Day Together We Grow”, Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya berharap agar hari buruh tahun ini dapat menjadi semangat baru untuk maju dan bangkit bersama pemerintah dan pengusaha. Bupati sengaja menggelar aksi damai ini agar suasana Sukoharjo tetap kondusif dengan memberikan penghargaan kepada para buruh.

“Semoga dengan peringatan hari buruh ini, kehidupan bapak ibu semua akan lebih baik lagi. Intinya hari buruh ini diperingati dengan semangat, sukaria, dan kompak selalu,” tuturnya dalam laman resmi Pemkab Sukoharjo, Rabu (1/5/2019).

Harapan di Hari Buruh

Dalam kesempatannya, ketua panitia penyelenggara Sukarno menyampaikan beberapa hal tentang perburuhan, terutama mengenai PP 78 Tahun 2015 tentang pengupahan yang telah berlaku hampir 5 tahun lamanya. Sukarno berharap peraturan tersebut segera direvisi karena dianggap sangat menyengsarakan buruh.

“Juga kami mohon untuk tahun 2020 hanya menentukan inflasi dan ekonomi, dikarenakan inflasi hanya 10 persen. Maka dari itu kami berharap untuk tahun ini agar para dinas terkait melakukan survei di lapangan. Kami sendiri juga sudah melakukan survei, namun kami mohon kepada dinas terkait agar melakukan survei bersama-sama,” ungkap Ketua Serikat Pekerja Sukoharjo itu, Rabu (1/5/2019).

Sukarno mengucapkan terima kasih kepada segenap pihak atas kehadiran dan kerjasamanya dalam menyukseskan terselenggaranya peringatan May Day tahun ini. Ia merasa bangga atas antusiasme yang diberikan para buruh dan bantuan dari pemerintah kabupaten.