Pemerintah Gelontorkan Rp. 11,3 Miliar Untuk Dua Ruas Jalan

Pemkab Karanganyar melakukan peningkatan dua ruas jalan yang berada di Kecamatan Kebakkramat dan Gondangrejo. (Sumber: Pemkab Karanganyar)

Karanganyar, SURAKARTADAILY.COM ** Anggaran senilai Rp. 11,3 miliar digelontorkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar untuk peningkatan dua ruas jalan yang berada di Kecamatan Kebakkramat dan Gondangrejo. Kedua ruas jalan tersebut adalah jalan Malanggaten-Plalar dan Wonosari-Tuban.

Dihimpun dari laman resmi Pemkab Karanganyar untuk peningkatan jalan Malanggaten-Plalar, Kecamatan Kebakkramat, diperkirakan membutuhkan anggaran Rp. 5,9 miliar. Panjang jalan yang dikerjakan sekitar 5,4 kilometer dan lebar jalan yang dilebarkan dari 3 meter menjadi 4 meter.

Di beberapa lokasi pembangunan jalan juga akan dibangun talut untuk memperkuat konstrusi. Selain itu, untuk kelancaran saluran air, dibuat saluran beton bertulang sepanjang 600 meter.

Kegiatan pembangunan akan dijalankan selama 150 hari kalender. Sebagai penyedia jasa kegiatan peningkatan jalan tersebut dalah PT. Rattan Priya Tanaya dari Klaten.

“Ruas jalan Malanggaten-Plalar merupakan jalur startegis karena menjadi jalur penghubung antar kecamatan sebagai akses untuk mengangkut hasil pertanian dan industri barang/jasa,” kata Plh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Titik Umarni, seperti dikutip situs pemerintah setempat itu.

Sementara untuk ruas jalan Wonosari-Tuban, Kecamatan Godangrejo, diperkirakan akan menelan dana Rp. 5,4 miliar. Sama seperti ruas jalan Malanggaten-Plalar, kegiatan itu juga ditargetkan selesai dalam 150 hari kalender. Penyedia jasa untuk peningkatan ruas jalan itu adalah PT. Dipomulyo Mas dari Semarang.

“Paket pekerjaan ruas jalan ini dilaksanakan sepanjang 3.190 meter dengan lebar jalan dari eksisting semula 4 meter menjadi 5 meter,” kata dia. Di beberapa lokasi juga akan dibangun talut serta pengeprasan tebing untuk keleluasaan pandangan penguna lalu lintas.

Di sisi lain pada Selasa (12/09/2017), Bupati Karanganyar, Juliyatmono melakukan peletakan batu pertama untuk menandai dimulainya pekerjaan di dua ruas jalan itu. Dia berharap pelaksanaan kegiatan tersebut berjalan sesuai rencana dan tepat waktu.

“Syukur sebelum itu sudah bisa selesai. Saat ini jalan kami rancang dengan baik, agar nantinya 20-30 tahun lagi tidak berpikir jalan, tapi sudah jembatan,” kata Juliyatmono dikutip situs Pemkab Karanganyar.