Overpass Manahan Segera Dibangun

Pemkpot Surakarta siap memulaui pembangunan overpass Manahan tahun ini. Pada pertengahan Oktober pembangunan kontruksi jalan sudah dimulai . (Sumber: Pemkot Surakarta).

Solo, SURAKARTADAILY.COM ** Pemerintah Kota (Pemkpot) Surakarta siap memulaui pembangunan overpass atau jalan layang Manahan tahun ini. Direncanakan pada pertengahan Oktober pembangunan kontruksi jalan sudah dimulai.

Untuk mendukung kegiatan tersebut, Pemkot Surakarta akan mengerjakan pembangunan dua sarana pendukung jalan layang tersebut. Di antaranya adalah peningkatan saluran drainase di sisi barat Jl. Dr. Moewardi dan penataan sisi timur Jl. Dr Moewardi.

“Ada dua pekerjaan fisik sarana pendukung overpass yang didanai APBD Kota Surakarta 2017,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Surakarta, Endah Sitaresmi Suryandari seperti dikutip laman Pemkot Surakarta belum lama ini.

Alokasi anggaran untuk kedua proyek pendukung overpass tersebut sekitar Rp 9.448.540.000 yang bersumber dari APBD Kota Surakarta 2017. Untuk proyek peningkatan saluran drainase dialokasikan anggaran sebesar Rp 4.448.540.000,00. Sedangkan alokasi anggaran untuk penataan Jl. Dr. Moewardi sisi timur senilai Rp 5 miliar. Kedua proyek tersebut ditargetkan selesai dalam 80 hari ke depan.

Proyek pendukung overpass tersebut di antaranya meliputi pekerjaan aspal jalan, pekerjaan pendestrian, pembuatan taman yang di dalamnya termasuk pemasangan lampu taman dan instalasi. Dia berharap pada pekan kedua Oktober pekerjaan itu sudah dikerjakan dan bisa selesai sebelum 15 Desember.

Dia menjelaskan untuk proyek penataan Jl. Dr. Moewardi di sisi timur ada dua segmen yang akan dikerjakan. Segmen pertama dimulai dari Hotel Agas hingga perempatan Kota Barat. Untuk segmen kedua adalah meneruskan dari Lapangan Kota Barat hingga depan SMP 25 Surakarta.

Menurut Sitaresmi, selain dua pekerjaan fisik itu, masih ada empat lagi proyek pendukung overpass yang menjadi kewajiban Pemkot Surakarta. Pekerjaan itu di antaranya pekerjaan finishing dan aksesoris overpass Manahan, peningkatan Jl. MT Haryono, peningkatan Jl. Adi Sucipto dan penataan jalan Kalitan. “Keempat proyek ini akan dikerjakan tahun depan,” kata dia.

Namun keempat pekerjaan itu akan dikerjakan setelah pekerjaan konstruksi overpass Manahan yang dilaksanakan pemerintah pusat selesai digarap. Dia menyebutkan pekerjaan finishing dan aksesoris overpass Manahan tersebut meliputi pemasangan lampu penerangan jalan dan pembuatan aksesoris overpass. Direncanakan dinding overpass akan dihiasi dengan akseoris bertemakan tema budaya dan kearifan lokal Kota Surakarta.

Sementara untuk Jl. MT Haryono akan mendapatkan perbaikan aspal dan penataan jalur hijau. Proyek. Kegiatan itu dimulai dari depan SMP Negeri 1 Surakarta hingga simpang Jl. MT Haryono dan Jl. RM Said.

Perbaikan aspal dan penataan jalur hijau juga akan dilakukan di ruas Jl. Adi Sucipto, tepatnya dari depan SD Kalam Kudus hingga perempatan Polwiltabes Surakarta.
Sedangkan penataan jalan Kalitan akan dilakukan dari depan Ndalem Kalitan hingga belakang Gereja St. Petrus, Gendengan. Pekerjaan itu meliputi perbaikan aspal, saluran drainase dan jalur pejalan kaki.