MGtC UNS Libatkan 27 Museum

Rektor UNS Ravik Karsidi melihat pameran keris pada Museum Goes to Campus (MGtC) yang diselenggarakan di UNS. (Sumber: UNS)

Solo, SURAKARTADAILY.COM ** Sebanyak 27 museum meriahkan kegiatan pameran Museum Goes to Campus (MGtC) di Universitas Sebelas Maret (UNS), Solo, awal pekan lalu. Kegiatan tersebut ditujukan untuk memberikan akses informasi dan pengetahuan bagi pengunjung.

Dikutip dari laman UNS, museum yang terlibat dalam pameran tersebut diantaranya Museum Sangiran, Museum Nasional Indonesia, Museum Samanhudi, Museum Sandi, dan Museum Perumusan Naskah Proklamasi.

Selain itu ada pula Museum Proklamator Blitar, Museum Monumen Jogja Kembali, Museum Basoeki Abdullah, Museum Ranggawarsito, Monumen Keris, Museum Pers Nasional, Museum Bank Mandiri, Maseum Penerangan TMII, dan Museum Transportasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Pada acara tersebut ada berbagai macam koleksi museum yang dipamerkan. Mulai dari koleksi bersejarah zaman purbakala, kolonial, hingga peninggalan era kemerdekaan. Tidak hanya itu, koleksi benda-benda bernilai budaya seperti keris hingga koleksi benda antik pun turut dipamerkan.

MGtC yang digelar pada 4-7 September tersebut merupakan MGtC kedua yang pernah digelar di kampus tersebut. Tahun ini MGtC mengusung tema Keanekaragaman yang Menyatukan.

Kegiatan tersebut diadakan oleh Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UNS. Tujuan dilaksanakannya MGtC adalah agar masyarakat memiliki akses informasi dan pengetahuan yang lebih mengenai museum, warisan sejarah serta nilai-nilai kebangsaan.

Sasaran pengunjung dalam acara itu bukan hanya kalangan mahasiswa dan masyarakat. Pameran juga ditujukan untuk kalangan budayawan, tenaga pendidik, dan pemegang kebijakan. Selain pameran, MGtC juga diisi dengan sejumlah acara pendukung. Di antaranya lomba dongeng nusantara, seminar museum dan pemutaran film.

Rektor UNS, Ravik Karsidi, menyampaikan kegiatan MGtC akan diproyeksikan menjadi ikon UNS untuk ke depannya. “Ke depan, saya harap MGtC tidak hanya mampu mengundang museum-museum berskala nasional, tetapi sampai skala internasional,” kata dia dalam sambutannya saat pembukaan MGtC Senin (4/9/2017) lalu, seperti dikutip laman resmi UNS