Keterbatasan Tak Jadi Kendala

UKM GAS21 bawakan lagu Anoman obong dan Ojo Dipleroki dalam acara Penabur international Choir Festival 2017 yang digelar di Jakarta beberapa waktu lalu. (Sumber: IAIN Surakarta)

IAIN, SURAKARTADAILY.COM ** Terkendala biaya bukan menjadi penghalang bagi paduan suara GAS21 untuk mencetak prestasi. Justru mereka menjadikannya sebagai pendobrak semangat bagi kelompok paduan suara pimpinan Anis Suryansyah ini maju mengikuti kompetisi Penabur international Choir Festival 2017 di Jakarta beberapa waktu lalu.

“Kami berangkat dari titik nol mengumpulkan dana untuk sekedar berangkat menuju kompetisi, melakukan penggalangan dana, mengisi acara-acara seminar, bahkan hingga harus tidur dengan tikar pun kami lakukan. Tapi itu tidak mengurangi semangat kami untuk bersaing, justru dengan ini bisa dibilang perjuangan kami tambah greget”, ungkapnya seperti dikutip laman resmi IAIN Surakarta.

Tak hanya terhambat dana, selama ini GAS21 juga belum memiliki pelatih seperti kelompok paduan suara lainnya. “Selama ini conductor yang menjadi pelatih kami dibantu senior dari UKM musik GAS21 sendiri”, lanjut Anis.

Namun, semua kerja keras dan usaha itu akhirnya membuahkan hasil. mMreka berhasil meraih medali perak setelah sebelumnya berhasil  bersaing dengan 4.394 personil dalam 131 tim yang tidak hanya datang dari dalam negeri tetapi juga luar negeri.

“Sejak awal kami tidak pernah merasa minder berhadapan dengan 131 tim lainnya walaupun tim lainnya sudah mempunyai level internasional. Beberapa diantaranya berasal dari Malaysia dan Philipina,” papar mahasiswa jurusan Bahasa Inggris tersbut.

Dalam kesempatan itu paduan suara GAS21 IAIN Surakarta berkesempatan membawakan 2 buah lagu Category Folklore yang berjudul Anoman obong karya Afdhal Dzikri dan Ojo Dipleroki karya Wahyu purnomo. Dengan jumlah personil 41 orang yang terdiri dari 30 penyanyi, 2 player, 1 conductor,1 manager, 2 official, 3 artistik, 2 orang pendokumentasi.

Kompetisi tersebut dibagi kedalam 8 kategori yakni Mix youth Choir, Primary School choir, Secondary School choir, Musica Sacra, Folklore, Gospel & spiritual, Religion, dan kindergarten choir.