Tanda Revitalisasi Eks PG Colomadu, Harapannya Jadi Pusat Seni Budaya Jateng

Menteri BUMN Rini Soemarno meninjau lokasi revitalisai Eks Pabrik Gula Colomadu. (Sumber Pemkab Karanganyar)

Colomadu, SURAKARTADAILY.COM Menteri Badan Usaha MIlik negara (BUMN), Rini Soemarno meletakkan batu pertama guna menandai pembangunan revitalisasi eks Pabrik Gula Colomadu yang terletak di Kecamatan Coomadu, Karanganyar.

Eks Pabrik Gula Colomadu yang letaknya tak jauh dari Bandara Adi Soemarmo ini rencananya akan dibangun convention hall, pusat suvenir, heritage gallery, heritage giftshop, heritage souvenir, pertokoan, restoran, parkir, taman, dan kafe.

Dikutip dari laman Pemerintah Kabupaten Karanganyar, Rini mengaku sudah lama ingin membangun kembali eks PG Colomadu ini namun keinginannya tersebut baru terealisasi tahun ini.

“Sudah lama saya bertanya, kayaknya sudah setahun, kapan ini bisa dibangun, akhirnya sinergi BUMN bisa revitalisasi eks Pabrik Colomadu ini,” jelas RIni.

Dengan bangunan eks Pabrik Gula Colomadu yang bersejarah itu, pihaknya ingin memberikan karakteristik tersendiri untuk menarik peminat datang kesini. Mimpi nya untuk Colomadu sebetulnya bagaimana bisa jadi pusat seni budaya untuk Jawa Tengah.

“Di eks Pabrik Gula Colomadu harus bisa mendatangkan seniman nasional dan internasional, Convention Hall mampu menampung minimal 3000 orang, dan pengeras suara baik,” katanya.

Dia menargetkan akhir tahun ini selesai, dan bulan Januari sudah bisa dimulai, siapa yang naik panggung di sini dari Internasional, dan nama Colomadu bisa terkenal di Internasional. Bukan hanya selesai saja, namun harus segera ada kegiatan.

“Tujuan ada Convention Hall untuk pusat budaya, dan tentu masih dipertahankan mesin, boiler, akan ditata menjadi objek wisata, dan dibuat menarik,”katanya.