Universitas Pertahanan Fasilitasi Beasiswa untuk PNS Pemkot Surakarta

BEASISWA – Rektor Unhan, Letjen TNI I Wayan Midhio, dan Wakil Walikota Surakarta, Achmad Purnomo, menandatangani MoU, di Balai Tawang Arum Kompleks Balaikota, Senin (14/3/2016). (Foto: Humas Unhan)
BEASISWA – Rektor Unhan, Letjen TNI I Wayan Midhio, dan Wakil Walikota Surakarta, Achmad Purnomo, menandatangani MoU, di Balai Tawang Arum Kompleks Balaikota, Senin (14/3/2016). (Foto: Humas Unhan)

Kota Solo, SURAKARTA DAILY ** Universitas Pertahanan (Unhan) membuka fasilitas beasiswa pascasarjana bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta. Setiap program studi pascasarjana dapat menampung hingga 40 orang mahasiswa. Tujuannya, membentuk kader bela negara.

Pendaftaran tahun ini dibuka mulai Januari hingga April 2016. Mahasiswa yang diterima akan mendapatkan beasiswa, uang saku, dan berbagai fasilitas kuliah lainnya.

“Untuk komposisi mahasiswa, Unhan memberikan 60 persen kepada masyarakat umum dan 40 persen TNI. Setelah lulus, mahasiswa dikembalikan ke masing-masing instansi asal mereka,” ucap Rektor Unhan, Letjen TNI I Wayan Midhio, saat penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) Unhan dan Pemkot Surakarta, di Balai Tawang Arum Kompleks Balaikota, Senin (14/3/2016).

Unhan berdiri sejak 2009 dan memiliki berbagai pilihan fakultas, di antaranya Fakultas Strategi Pertahanan dengan Jurusan Strategi Perang Semesta, Damai dan Resolusi Konflik, Perang Asimetris, Keamanan Maritim, Pertahanan Angkatan Darat, Pertahanan Angkatan Laut, dan Pertahanan Angkatan Udara.

Selanjutnya, Fakultas Manajemen Pertahanan, dengan Prodi Manajemen Pertahanan, Ekonomi Pertahanan, Ketahanan Energi, Teknologi Industri, Diplomasi Pertahanan, dan Manajemen Bencana.

“Kita tidak ada ikatan dinas. Jadi, kalau dia TNI, ya kembali ke TNI. Kalau dari Pemda, ya kembali ke Pemda. Kalau dari umum, kita memberikan ilmu, silakan dipergunakan di masyarakat,” ujar Rektor Unhan, dirilis Humas Unhan.

Tiga fungsi inti dalam kerja sama ini adalah pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Untuk pendidikan, Unhan akan memberi kesempatan kepada PNS Pemkot Surakarta untuk menjadi mahasiswa pascasarjana Unhan.

Sambut Baik

Sementara itu, Wakil Walikota Surakarta, Achmad Purnomo, menyambut baik terjalinnya kerja sama ini, sehingga dapat memberikan kesempatan bagi PNS di Kota Bengawan untuk melanjutkan jenjang pendidikan Strata-2 secara cuma-cuma.

“Kami mendorong PNS, khususnya lulusan S-1 di Kesbangpol untuk melanjutkan pendidikannya di Unhan. Hanya saja, untuk seperti apa teknisnya nantinya akan kita bicarakan dulu dengan Walikota dan BKD,” tutur Achmad Purnomo.

Tahun ini, Unhan juga mengirim 148 mahasiswanya untuk melakukan Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN) serta melakukan penelitian di Solo. Para mahasiswa itu akan berada di Solo, sedikitnya selama lima hari.

Mereka berasal dari Prodi Strategi Perang Semesta, Damai dan Resolusi Konflik, Peperangan Asimetris, serta Diplomasi Pertahanan. Kegiatan ini merupakan wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi di bidang penelitian dan pengabdian masyarakat, diperuntukkan agar Bela Negara dapat diterima oleh masyarakat luas.

KKDN diperuntukkan untuk membentuk kader-kader Bela Negara di Kota Bengawan yang terdiri dari berbagai elemen masyarakat. Kota Solo baru pertama kali menjadi kota tujuan pengabdian masyarakat.

Kota Solo dipilih, karena menurut Unhan, merupakan ikon Pulau Jawa.