Perangi Narkoba, Pemkab Klaten Gelar Tes Urine

Bupati Klaten Sri Hartini dan Sekda Klaten, Jaka Sawaldi Mengikuti Tes Urine di RSUD Bagas Waras Klaten. (Foto: Humas Pemkab Klaten)
Bupati Klaten Sri Hartini dan Sekda Klaten, Jaka Sawaldi Mengikuti Tes Urine di RSUD Bagas Waras Klaten. (Foto: Humas Pemkab Klaten)

Bupati Klaten, Sri Hartini menegaskan tes urine dilakukan sebagai upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba di lingkungan pejabat Pemkab Klaten.

Dari upaya ini, Sri Hartini berharap Pemkab Klaten bebas narkoba di masa mendatang. “setelah dilakukan tes ini, akan diketahui apakah ada pejabat yang menggunakan narkoba atau tidak, bila ada sebaiknya segera dilakukan penanganan dengan baik.” Tuturnya, Selasa (15/3), dirilis Humas Pemkab Klaten.

Kegiatan yang berlangsung di rumah sakit umum daerah (RSUD) bagas waras klaten ini diikuti oleh pejabat eselon II dan III. 251 pejabat turut serta dalam kegiatan ini, termasuk bupati klaten sri hartini, sekda jaka sawaldi, staf ahli dan para pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

Sekretaris daerah (sekda) Klaten Jaka Sawaldi menjelaskan, bahwa tes urin digelar selama dua hari. Hari pertama dikhususkan bagi pejabat eselon II dan III dilingkungan kantor pemkab klaten, dan hari kedua diikuti camat, sekretaris camat dan pejabat eselon III yang bertugas diluar kantor pemkab klaten.

Jaka Sawaldi mengaku kegiatan ini baru pertama kali dilakukan oleh pemkab klaten. Menurutnya tes urine dilakukan untuk mengetahui kesehatan para pejabat dilingkungan pemkab klaten, sekaligus untuk mengetahui ada atau tidaknya pemakaian narkoba oleh pejabat Pemkab Klaten.

Perangi Narkoba

Tes urine yang digelar oleh Pemkab Klaten ini sejalan dengan gagasan yang pernah disetujui Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Sebelumnya, Jusuf kalla menyatakan setuju dengan usulan pemeriksaan urine bagi pejabat negara, termasuk anggota DPR.

“Baguslah kalau begitu, setuju. Kita kan dalam memerangi narkoba,” Tukas Jusuf kalla

Wapres menyatakan siap apabila diminta tes urine untuk memberi contoh bagi pejabat negara lainya. “semua pihak harus menjadi contoh, kalau perlu saya tes urine, saya siap,” Tegasnya.