Pemkab Klaten Sambut Baik Program Jaksa Masuk Sekolah

Bupati Klaten Sri Hartini Memberikan pidato pada acara Jaksa Masuk Sekolah di SMP N 2 Wonosari Klaten. (Foto: Humas Pemkab Klaten)
Bupati Klaten Sri Hartini Memberikan pidato pada acara Jaksa Masuk Sekolah di SMP N 2 Wonosari Klaten. (Foto: Humas Pemkab Klaten)

Klaten, SURAKARTADAILY ** Bupati Klaten Sri Hartini secara resmi membuka program jaksa masuk sekolah di sekolah menengah pertama negeri (SMPN 2) Wonosari Klaten pada kamis (17/3). Sejumlah pejabat dari Muspida, Kepala SKPD turut terlibat dalam kegiatan ini.

Kegiatan ini diikuti lima ratus peserta dari unsur Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMP, SMA, SMK dan Kepala Sekolah.

Kegiatan ini merupakan program Pemerintah Pusat yang rencananya akan digelar diseluruh wilayah Indonesia. JMS diharapkan dapat mengenalkan hukum kepada anak – anak bangsa sejak usia dini sehingga anak – anak bangsa tidak terjerumus pada perbuatan melanggar hukum.

“kegiatan ini untuk membuka cakrawala berpikir siswa agar lebih mengetahui hukum yang berlaku sekaligus menjadi rambu yang harus diingat oleh siswa dalam pergaulan anak muda,” Kata Sri Hartini, kamis (17/3). dirilis Humas Pemkab Klaten.

Sementara itu Kepala Kejaksaan Negeri Klaten Sugeng Haryadi mengatakan bahwa program JMS dari Pemerintah Pusat dimaksudkan untuk mengenalkan hukum sejak dini, agar anak tidak tersandung dengan masalah hukum.

“dimulai dari hal – hal kecil seperti anak yang masih dibawah umur itu dilarang mengendarai kendaraan bermotor,” Jelas Sugeng.

Pihaknya menghimbau kepada para guru dan orang tua untuk turut mensukseskan program ini dengan mengingatkan anak yang belum berumur untuk tidak melakukan perbuatan yang nantinya melanggar hukum, seperti mengendarai kendaraan bermotor.

Rencananya JMS akan digelar di 26 wilayah kecamatan di Klaten. Agar dapat berjalan secara maksimal, Kejari Klaten bertekad akan mengerahkan 24 jaksa dalam kegiatan ini.

“ semua ini dilakukan agar karakter anak – anak terbentuk dengan baik, lebih banyak mengenal hukum dan dapat menghindar dari perbuatan melanggar hukum.” Tegas Sugeng.

Pendidikan Klaten

Kepala Dinas Pendidikan Klaten Kuntoro menjelaskan bahwa Klaten telah menghasilkan lima sekolah jujur berprestasi pada tingkat nasional. Kelima Sekolah itu yakni, SMK N 1, SMK N 2, SMA N 1, SMP N 2, dan SMP N 1 Delanggu.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMK N 2 Klaten Wartdhani Sugiyanto terpilih sebagai Kepala Sekolah Berprestasi Nasional.